HTTP Status[404] Errno [0]

Kemenag Sulsel Kumpul Finalkan Anggaran 2018

30 August 2017 15:50
Kemenag Sulsel Kumpul Finalkan Anggaran 2018
Finalisasi penyusunan Program dan Anggaran di Hotel Denpasar Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Finalisasi penyusunan Program dan Anggaran di Hotel Denpasar Makassar

BugisPos — Makassar (Inmas Sulsel) Bertujuan untuk lebih memantapkan Penyusunan Program dan Anggaran serta RAKL (Rencana Anggaran Kenterian dan Lembaga) Tahun Anggaran 2018, maka melalui Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Prov Sulsel mengumpulkan 162 orang pimpinan Satker di Hotel Denpasar Makassar (Senin 28 Agustus 2017) untuk melakukan Finalisasi penyusunan Program dan Anggaran.

Kegiatan yang rencananya berlangsung selama tiga hari ini (28 – 30 Agustus 2017) menghadirkan Peserta yang terdiri dari Kepala Bidang dan Pembimas 10 orang, Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota 24 orang, Kepala MAN sebanyak 31 orang, Kepala MTsN 43 Orang, dan Kepala MIN 54 Orang, juga bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan dan Kualitas Tenaga Pengelola Data Perencana serta pengelolaan Keuangan Negara di Lingkup Kementerian Agama Prov. Sulsel, Papar H. Adry Ni’mang selaku penyelenggara mewakili Kasubag Perencana dan Keuangan Kanwil.

Dalam Sambutan dan Arahannya saat Pembukaan, Kakanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, mengapresiasi kegiatan finalisasi tahun ini karena sudah melibatkan langsung Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota serta Sulsel, karena menurut Kakanwil, mereka yang selalu pemangku kebijakan di tingkat kabupaten kota harus mengetahui dan memahami secara langsung juga bagaimana dan kemana arah program dan penganggaran di institusi dan wilayah kerjanya untuk tahun selanjutnya, hal ini penting agar prinsip transparansi bisa terjaga dengan baik.

Kakanwil juga d menyampaikan bahwa serapanan Anggaran di Kemenag Sulsel baru 56,57 persen sampai triwulan ketiga saat ini, olehnya itu perlu percepatan dalam pengelolaan anggaran dan kegiatan tapi tetap dalam koridor aturan yang berlaku, jangan gegabah dan jangan main main dalam menggunakan anggaran khususnya terkait bantuan sosial dan proyek pembangunan fisik dan pengadaan, tegas Kakanwil.

Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta agar dalam perencanaan dan penggunaan anggaran tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, jangan terburu buru dalam mengelola Anggaran, dan biasakan laksanakan sesuatu setelah persiapannya matang betul, baik dari segi administrasi, juknisnya, maupun SDM nya, pintanya

Khusus untuk Finalisasi anggaran dan program untuk tahun 2018 mendatang, kakanwil menitipkan pesan agar Anggaran dan program harus sinergi atau connect antara yang Propinsi , Kabupaten dan Satker, khususnya program yang memiliki nilai keberlanjutan dan even rutin Nasional.

Selanjutnya, Gunakan prinsip skala prioritas dalam merencanakan sesuatu, Adil dan berkelanjutan, Logis atau tidaknya pengganggaran dan programnya dan yang tak kalah pentingnya adalah Laporan pertanggungjawaban setiap item anggaran harus segera diselesaikan , jangan menunda nunda, Harap Kakanwil.

Sementara itu, Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Sulsel H. Muh. Bakri menambahkan bahwa di acara ini juga, akan dilaksanakan assistensi penyusunan program dan Anggaran, karenanya selain pimpinan Satker, di acara ini juga dihadirkan para pengelola keuangan dan penyusun atau perencana program di Kemenag kabupaten kota, hal ini bertujuan agar seluruh item yang direncanakan dan dianggarkan bisa sinkron baik secara administratif maupun secara aplikatif, Tambahnya.

Penulis : Mawardy Siradj Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov Sulsel
Editor : Ali


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya