HTTP Status[404] Errno [0]

Jago Mentong, Walikota Bikin Gerakan Makassar Berqurban

03 September 2017 18:30
Jago Mentong, Walikota Bikin Gerakan Makassar Berqurban
Danny Pomanto bersama sejumlah pejabat Pemkot Makassar sebelum melaksanakan gerakan Makassar Berqurban
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Danny Pomanto bersama sejumlah pejabat Pemkot Makassar sebelum melaksanakan gerakan Makassar Berqurban

BugisPos – Walikota Danny Pomanto (DP) sejatinya memang patit diakui dia selalu saja melakukan hal-hal yang di luar dugaan. Ada dua item pokok inovasi DP yakni inovasi kesejahteraan rakyat dan nilai agama. Di sektor nilai agama dibuktikan dengan gerakan shalat subuh berjamaah, dan yang terkini ialah gerakan Makassar Berqurban yang dilakukan pada momentum hari raya Idul Adha 1438 H tahun 2017.

Melalui program Gerakan Makassar Berkurban Pemerintah kota Makassar menyembelih 6.306 sapi kurban. Jumlah tersebut adalah total yang diperoleh dari sapi qurban yang terkumpul, di antaranya Pemerintah Provinsi sebanyak 1 ekor dan SKPD Pemprov 165 ekor.

Walikota DP sendiri sebanyak 20 ekor, Wakil Walikota Syamsu Rizal MI 1 ekor, Sekda Andi Baso Amiruddin 1 ekor, SKPD Pemkot Makassar 73 ekor dan Perusda Kota Makassar sebanyak 11 Ekor.

“Sebanyak 15 Kecamatan dan 153 Kelurahan se- kota Makassar juga masing- masing berpartisipasi memberikan hewan kurbannya dengan jumlah bervariasi,” katanya saat penyerahan sapi kurban di lapangan upacara Balaikota Makassar oleh wali kota Makassar.

Kecamatan Biring Kanaya misalnya menyembelih sapi kurban sebanyak 875 ekor, Kecamatan Tamalanrea 698 ekor, Kecamatan Panakkukang 638 ekor, Kecamatan Rappocini 827 ekor, Kecamatan Tamalate 460 ekor dan Kecamatan Manggala 640 ekor.

Ada pun Kecamatan Sangkarrang sebagai kecamatan baru juga ikut berkurban sebanyak 39 ekor sapi, termasuk kecamatan- kecamatan lain mulai dari 100 ekor hingga 200-an ekor.

“Semua sapi- sapi kurban ini didibeli dari Perusahaan Daerah (Perusda) Rumah Potong Hewan (RPH) dengan masing- masing dilengkapi dengan surat kesehatan,” ucap Walikota DP.

Danny juga menjelaskan kesemua hewan kurban tersebut disebar di seluruh wilayah kecamatan dan kelurahan kota Makassar.

“Kita sebar semua ini di kelurahan, jadi baru kali ini setiap kelurahan ada hewan kurban dari keluarga besar Pemkot Makasar,” pungkasnya.

Untuk sumbangan 20 ekor sapi yang diberikan Danny juga disebar 15 kecamatan. 1 ekor per kecamatan, sedangkan sisanya 5 ekor diberikan ke berbagai kelompok atau komunitas di Makassar.

Selain sapi, pada Gerakan Makassar Berkurban ini, juga terdapat hewan kurban berupa kambing dengan jumlah total 372 –@–

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya