HTTP Status[404] Errno [0]

Dinas PPPA Bulukumba Evaluasi PUG

06 September 2017 21:22
Dinas PPPA Bulukumba Evaluasi PUG
Plt.Kadis PPPA Bulukumba Hj.Darmawati,SE
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Dalam rangka menghadapi persiapan penilaian Anugrah Parahita Eka Praya ( APE ), Selasa (5/9) kemarin di aula kantor Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan pertemuan evaluasi Pengarus Utamaan Gender ( PUG), bersama Kelompok Kerja (POKJA) PUG,

Pertemuan itu dibuka Kepala Bappeda Drs H.Andi Syafrul Patunru yang juga Ketua Pokja PUG, dihadiri Plt Kadis PPPA Bulukumba Hj.Darmawati Suaedy, SE, Kabid Data Dan Informasi Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Propinsi Sulsel Ir.Sucuati Sapte Margani,M.Si serta anggota Pokja dari berbagai OPD.

Dihadapan peserta rapat, Andi Syafrul menegaskan, bahwa pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan salah satu isu penting, dan isu ini harus menjadi perhatian serius serta ada upaya untuk mendorong akselerasi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Bulukumba.

Sementara itu Plt. Kadis Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Hj. Darmawati Suaedy, SE menyampaikan harapan bahwa pertemuan Pokja ini,dapat menjadi bahan evaluasi agar kelompk kerja PUG bisa bekerja lebih efisien dan efektif yang didukung dengan komitmen pemerintah melalui kebijakan-kebijakan publik dan pelayanan publik serta program dan perundangan-undangan yang adil dan responsif gender kepada rakyat, perempuan dan laki-laki di daerah ini.

Darmawati menambahkan, tujuan utama PUG bukan hanya semata agar kita mendapatkan Anugerah Parahita Eka Praya, karena PUG bukan program atau kegiatan , tetapi merupakan Strategi Pembangunan yang mengintegrasikan permasalahan,pengalaman dan kebutuhan perempuan dan laki laki dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh jebijakan dan program pembangunan dari aspek politik, ekonomi dan sosial budaya .

“Diharapkan agar desain, implementasi, monitoring, dan evaluasi kebijakan dan program di seluruh ranah politik, ekonomi, sosial, dan budaya dapat terwujud. Sedangkan tujuan utamanya adalah mewujudkan keadilan gender, karena dengan PUG maka semua program pembangunan dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kesempatan dan akses perempuan terhadap program pembangunan, serta dengan adanya kendali dan manfaat untuk perempuan,” papar isteri salah seorang jurnalis ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang (Kabid) Data dan Informasi Gender dan Anak Dinas PPPA Sulsel, Ir. Suciati Sapte Margani, M.Si tampil sebagai Narasumber yang memaparkan berbagai aspek khususnya terkait soal tugas pokja PUG.

Salah satunya adalah bagaimana mempromosikan dan memfasilitasi PUG di masing-masing OPD dalam menyusun program kerja tahunan yang responsif gender, mendorong terwujudnya anggaran yang berperspektif gender, dan menyusun rencana aksi daerah.- SUAEDY LANTARA-


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya