HTTP Status[404] Errno [0]

Terbentuk Sepuluh Forum Anak Kecamatan se-Bulukumba.

16 September 2017 15:17
Terbentuk Sepuluh Forum Anak Kecamatan se-Bulukumba.
Anggota Forum Anak mengikuti diskusi dipandu masing masing pembimbing
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Anggota Forum Anak mengikuti diskusi dipandu masing masing pembimbing

BugisPos – Ratusan Anak Bulukumba masing masing 15 orang setiap kecamatan, Sabtu (16/9) dikukuhkan oleh Hj.Darmawati,SE, Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba, sebagai Pengurus Forum Anak Kecamatan di Aula Kantor Bappeda Bulukumba.

Kegiatan pembentukan dan pengukuhan tersebut, dimaksudkan untuk menjadi wadah anak-anak di masing-masing kecamatan, untuk menyuarakan aspirasinya pada Musyawarah Rencana Pembangunan Anak (Musrembang Anak) yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Menurut Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj. Darmawati, Forum Anak di tingkat Kabupaten sudah ada, namun Forum Anak di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan belum terbentuk, sehingga perlu dibentuk dan alhamdulillah Sabtu hari ini, Forum Anak kecamatan sudah resmi terbentuk.

“Kita berharap anggota Forum Anak Kecamatan yang sudah dibentuk dan dikukuhkan, dapat bekerja utamanya membentuk Forum Anak Desa/Kelurahan dan tentunya perlu mendapat arahan dari para pendamping yang juga hadir pada kegiatan pembentukan Forum Anak Kecamatan, ” papar Darmawati.

Sementara itu, Nur Anti, Fasilitator Sistem Perlindungan Anak Nasional dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, yang hadir selaku pembicara pada kegiatan itu mengungkapkan, selama ini hak-hak anak kurang terakomodir dalam pembangunan.

Hal tersebut terjadi karena yang terlibat dalam pengambilan keputusan pada proses perencanaan pembangunan, hanya orang dewasa.

“Melalui Forum Anak dan Musrembang Anak, suara aspirasi anak bisa terakomodir dalam program-program pembangunan,” kata Nur Anti.

Hal senada disampaikan HA. Agussalim Ishaq Kabid Sosial Budaya Bappeda Bulukumba, bahwa
salah satu misi yang dilaksanakan untuk mencapai visi Bulukumba yang sejahtera dan terdepan melalui optimalisasi potensi daerah dengan penguatan ekonomi kerakyatan yang demokratis dan religius , adalah pemenuhan hak dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

” Tetapi bagaimana mungkin hak dasar itu bisa terpenuhi jika tidak terlibat dalam perencanaan, “kata Agussalim.

Untuk itu, menurut Agussalim, anak-anak harus terlibat dalam perencanaan pembangunan.
“Kita berharap Forum Anak yang telah terbentuk di tingkat kecamatan bekerja membentuk Forum Anak Desa/Kelurahan untuk selanjutnya menginventarisir hal-hal yang dibutuhkan anak dalam memenuhi hak dasarnya,” jelasnya.- SUAEDY LANTARA-


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya