HTTP Status[404] Errno [0]

Istri ASN Bisa Menjadi Agen KPK

18 September 2017 16:14
Istri ASN Bisa Menjadi Agen KPK
Bupati AM.Sukri A.Sappewali membuka sosialisasi SPAK di ruang pola kantor bupati
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Bupati AM.Sukri A.Sappewali membuka sosialisasi SPAK di ruang pola kantor bupati

BugisPos – Istri Aparat sipil Negara ( ASN) khususnya di Bulukumba, diharapkan menjadi Agen Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK)

Hal tersebut ditegaskan Fasilitator “Saya Perempuan Anti Korupsi” Hj. Amrina Andi Muri yang tampil sebagai pemateri tunggal pasa kegiatan Sosialisasi Saya Perempuan Anti Korupsi ( SPAK ) yang digagas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba, bekerja sama dengan Dharma wanita Persatuan Kabupaten Bulukumba, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Senin (18/9). Kegiatan sosialisasi SPAK ini, dibuka bupati AM.Sukri A.Sappewali, dihadiri Sekjab A.B.Amal, Plt.Kadis PPPA Hj.Darmawati dan Ketua Dharma Wanita Irmayanti S.B.Amal.

Menurut Hamrina, tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh para isteri ASN yang tergabung pada Dharma Wanita. adalah dengan melaporkan kepada aparat yang berwenang apabila ada bukti-bukti yang kuat tentang penyalahgunaan wewenang dan penyalahgunaan keuangan negara yang dapat merugikan negara dan masyarakat.

Hj. Hamrina Andi Muri menjelaskan bahwa istri ASN merupakan sosok perempuan yang merupakan sentral dalam kehidupan berkeluarga. Untuk itu menurut

Fasilitator yang juga Pengawas SMP-SMA Kecamatan Ujung Loe itu,menyampaikan perempuan memiliki peranan yang sangat kuat untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam lingkungan keluarga, sehingga kehadirannya sebagai agen perubahan dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi lebih memberi efek yang nyata.

Kehadiran seorang istri yang tidak lain adalah perempuan pendamping suami memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran terhadap suami dan anak-anaknya sejak dini.

“Selama ini para istri hanya bertanya dan protes kepada suaminya jika uang belanjanya kurang dari biasanya. Umumnya para istri tidak bertanya kepada suaminya tentang sumber uang apabila suami membawa pulang uang berlebih dari biasanya. Padahal istri yang baik seharusnya mempertanyakan hal tersebut, supaya bisa memastikan penghasilan suaminya tidak berasal dari tindakan korupsi,” papar Hamrina Andi Muri.

Selain itu, Hj. Hamrina memberikan penjelasan kepada peserta sosialisasi tentang hal-hal yang dikategorikan sebagai korupsi. Menurutnya, korupsi adalah segala tindakan yang dilakukan oleh seseorang dengan menyalahgunakan kewenangan yang dimilikinya untuk memperkaya diri sendiri maupun orang lain dengan menggunakan keuangan negara.

“Tindakan korupsi itu, bisa berupa suap, gratifikiasi atau pemberian serta tindak pidana pencucian uang,” katanya.

Hal senada ditegaskan Bupati Bulukumba A.M Sukri Andi Sappewali saat memberi sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Saya Perempuan Anti Korupsi tersebut, meminta para istri Aparat Sipil Negara di jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk berkomitmen mendukung upaya pencegahan korupsi.

Tindakan korupsi menurut Andi Sukri sangat merugikan keuangan negara.
“Istri ASN memiliki peran yang sangat penting utamanya dalam mempengaruhi suaminya untuk tidak berbuat korupsi. Para Istri memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memberikan pelajaran mental dan kejujuran kepada anggota keluarganya termasuk anak dan suaminya. Makanya saya minta para istri ASN untuk menjaga suaminya agar tidak menyalahgunakan keuangan negara,” harap. Andi Sukri dihadapan puluhan isteri ASN. –

Ditempat yang sama, bupati menegaskan, isteri pejabat setingkat pejabat eselon II dan III yang tidak hadir pada kegiatan itu, nantinya suaminya yang akan dipanggil. ” Kegiatan ini penting diikuti para isteri khususnya isteri pejabat.- SUAEDY LANTARA-


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya