Mengenang 14 Tahun Wafatnya Andi Mappiwali Karaeng Langnge Langnge

23 September 2017 19:43
Mengenang 14 Tahun Wafatnya Andi Mappiwali Karaeng Langnge Langnge
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos. Tak terasa 14 tahun wafatnya Andi Mappiwali Karaeng Langnge Langnge Patta Lolo, salah seorang putra terbaik di Bulukumba yang lahir pada 15 Mei 1918 di sebuah kampung Dajo Kecamatan Herlang yang terletak paling ujung timur Bulukumba, tepatnya di salah satu pesisir teluk Bone yang hingga kini nama kampung itu tidak berubah.

Almarhum yang akrab disapa Karaeng Bali, dan tercatat sebagai camat pertama di kecamatan Herlang, semasa hidupnya Patta Lolo demikian sering disapa, menerima Bintang Satya Lencana Veteran RI, Bintang Satya Lencana Pemulihan Keamanan dari Panglima ABRI, Bintang Satya Lencana dari Panglima Angkatan Darat Sulawesi dan Bintang Satya Lencana Angkatan 45.

Andi Fidya, salah seorang cucu Almarhum yang diberi amanah membacakan sejarah singkat Alm.Andi Mappiwali Karaeng Langnge Langnge Patta Lolo, almarhum pernah bergabung pada salah satu kelaskaran Pemuda Merah Putih / BCP B.A.R hingga 1949 Sektor Kajang Bulukumba.

Hal tersebut dibuktikan dengan Surat keputusan Menteri Veteran RI No. 026/(Veteran Gol B), namun dalam perjalanan perjuangan almahum mempersunting gadis bernama Petta Ago binti Petta Sikki, yang ikut membantu almarhum memberikan semangat dalam berjuang.

Almarhum Karaeng Langnge langnge, terus berjuang menumpas pemberontak dan gerombolan yang mengacaukan keamanan.
Dan almarhum diberi kepercayaan dari Panglima Angkatan Darat untuk membantu TNI yang berkedudukan di Kassi Kajang, dengan wilayah kerja sebagian Kabupaten Sinjai serta Bulukumba Timur.

Dengan berbekal anggotanya, almarhum Andi Mappiwali berhasil memaksa menyerah satu kesatuan Momo gerombolan yang dilengkapi 600 pucuk senjata. ” Saat itu Almarhum. Andi Mappiwali, tidak melucuti senjata gerombolan, namun gerombolan bertekuk lutut dan kondisi keamanan saat itu betul betul pulih, kesemua itu dibuktikan dengan penghargaan dan Bintang Satya Lencana dari Pemerintah RI,” papar Andi Fidya sambil membacakan Riwayat pekerjaan dan Riwayat Organisasi almarhum Andi Mappiwali Karaeng Langnge Langnge, yaitu tahun 1942 – 1949, Pembantu kepala Distrik Langnge, 1949 – 1962 Kepala Distrik Langnge langnge sekakigus dikukuhkan sebagai Karaeng Langnge langnge.

1962-1965, Kepala Kecamatan pertama Hero Langnge Langnge ( Herlang), 1966-1967, diangkat sebagai Kepala Bagian PLP kantor BKDH Bulukumba.
1967-1968 diangkat sebagai Kabag Pemerintahan Desa.
1968-1974 diangkat menjadi Kepala Inspeksi Perusahaan Daerah pada bidang pengawasan.

Selain itu, Andi Mappiwali, juga tercatat sebagai anggota partai Golkar dengan jabatan Ketua DPK Golkar Kecamatan Herlang dan sebagai anggota DPRD Bulukumba lima periode.

Pada peringatan haul 14 tahun kepergiannya yang diprakarsai putri bungsunya Andi Hikmawati Andi Kumala Andi Idjo yang akrab disapa Andi Umba bersama seluruh putra putrinya, dihadiri ratusan warga, termasuk para tokoh dari sepuluh kecamatan termasuk diantaranya HS.Syafruddin Amjar, HA.Edy Manaf juga keluarga dari Makassar serta Sinjai.

Dihadapan tamu undangan, Andi Hikmawati yang didaulat oleh kakaknya menyampaikan sambutan menyatakan, memperingati haul 14 tahun wafatnya ayahandanya, tidak lain sekaligus dia ingin bersilaturahim dengan masyarakat dan keluarga, apalagi dia selama ini lebih banyak berada di kabupaten Gowa mendampingi suaminya.

Andi Umba juga menyampaikan, kegiatan mengenang 14 tahun wafatnya orang tuanya Andi Mappiwali Karaeng Langnge Langnge, tidak ada tujuan lain, termasuk politik, tetapi semata mata, mengenang kembali perjuangan orang tuanya yang ikut serta bersama pemuda Bulukumba, merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Anggota DPRD Kabupaten Gowa ini juga mengingatkan kepada seluruh keluarga dan kerabat, untuk tidak melupakan sejarah, karena tanpa sejarah, mustahil kita bisa seperti ini. ” Mari kita hargai perjuangan para tokoh pejuang kita, jangan kita lupakan mereka, karena merekalah sehingga kita ini bisa menikmati kemerdekaan,” papar Andi Umba.- SUAEDY LANTARA+


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya