HTTP Status[404] Errno [0]

Andi Sukri Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

05 October 2017 17:42
Andi Sukri Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Bupati AM.Sukri A.Sappewali menyerahkan cinderamata kepada ketua tim verifikasi dr.Edduward semalam dirujab Bupati

BugisPos, Bulukumba.- Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali , Rabu (4/10) malam di rumah jabatan menerima kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, yang akan melakukan evaluasi dan verifikasi di lapangan terkait kondisi terkini Kabupaten Bulukumba dalam menerima predikat Kabupaten Sehat atau biasa dikenal dengan istilah Swasti Saba.

Tim dipimpin dr. Edduward Idul Riyadi, diterima dan dijamu makan malam oleh Bupati AM Sukri Sappewali bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto dan ketua forum Kabupaten Sehat H.Patudangi serta oara kepala OPD.

Dihadapan bupati dan pejabat lainnya, ketua tim dr. Edduward mengatakan pada dasarnya kabupaten sehat itu adalah kondisi daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni masyarakatnya yang dicapai melalui kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah.

” Tujuan tim verifikasi melakukan kunjungan, untuk mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh forum kabupaten sehat,” kata Edduward

Intinya kata Edduwar. Kabupaten sehat itu adalah pembangunan secara menyeluruh, mengarah kepada pembangunan sehat dan berwawasan sehat.

Ketua Forum Kabupaten Sehat, H Patudangi, mengaku sudah melakukan persiapan, sehingga pihaknya sudah siap 100 persen untuk dinilai oleh tim verifikasi. Menurutnya, dari tahun 2011 sampai dengan 2017 telah dibentuk kelompok kerja (pokja) di 137 desa kelurahan. Begitu pula di tingkat kecamatan, 10 kecamatan telah dibentuk Forum Pokja Kecamatan.

“Setelah mendapatkan Swasti Saba dengan predikat Wiwerda pada tahun 2015, maka kami optimis Bulukumba kembali mendapatkan Swasti Saba dengan predikat Wistara,” ujar H Patudangi

Menurut anggota DPRD Bulukumba ini, dalam penilaian menuju Wistara tersebut, ada 9 tatanan yang akan dicek dan diverifikasi oleh tim verifikasi di lapangan. Kesembilan tatanan tersebut adalah (1) Kawasan pemukiman, sarana prasarana umum, (2) Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, (3) Kawasan pertambangan sehat, (4) Kawasan Hutan Sehat, (5) Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, (6) Kawasan Pariwisata Sehat, (7) Ketahanan Pangan dan Gizi, (8) Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, (9) Kehidupan Sosial yang sehat.

Predikat Wistara adalah level tertinggi dari Swasti Saba setelah Padapa dan Wiwirda. Wistara merupakan konsep hidup sehat dan sejahtera yang telah berkembang dan membudaya di masyarakat.

Sementara itu Bupati AM Sukri Sappewali dalam sambutannya menyebut, jika penghargaan yang akan didapatkan hanyalah konsekwensi atas apa yang telah dicapai. Namun menurutnya yang paling penting bagaimana mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Kalau berbicara tentang kesehatan, maka tensi saya langsung naik, kalau masyarakat sehat, maka mereka akan produktif dalam bekerja dan belajar bagi para pelajar,” kata Andi Sukri.

Sebelumnya bupati Andi Sukri menyatakan, pada prinsipnya yang utama bagamaima Bulukumba ini terbebas dari segala macam virus penyakit, untuk itu dia minta kepada tim, apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah daerah agar Bulukumba bebas dari virus penyakit. – SUAEDY. LANTARA ,-


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya