HTTP Status[404] Errno [0]

Pakai Teknologi Jepang Atasi Banjir

10 October 2017 07:31
Pakai Teknologi Jepang Atasi Banjir
Danny Pomanto
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pemerintah Kota Makassar dengan program kota pintarnya “smart city” menggunakan banyak teknologi mutakhir dan salah satunya dengan penggunaan teknologi Jepang untuk mengatasi genangan air maupun banjir di musim penghujan.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, menegaskan, pemanfaatan teknologi itu bisa menjadi langkah yang efektif untuk menciptakan hak yang bermanfaat.

“Salah satu masalah yang dihadapi kota Makassar setiap kali musim penghujan adalah banyaknya genangan dan misi kita tahun depan, Makassar harus zero genangan,” ujarnya Kamis 5/10/17

Ia mengatakan, pada pengaplikasiannya itu, pihaknya tertarik untuk menggunakan teknologi yang ditawarkan oleh perusahaan Jepang, Pasco Corporation dan Nusantara Secom Info Tech.

Danny menuturkan, penggunaan teknologi Jepang adalah bagian dari smart city yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Makassar namun tidak melupakan bentuk-bentuk kearifan lokalnya.

“Yang membedakan smart city Makassar dengan smart city kota-kota lainnya adalah penyandingan kearifan lokal yang kita lakukan yakni `Sombere” yang merupakan ciri khas warga Makassar,” katanya.

Sebelumnya, manager Internasional Marketing Departemen Central Operation Division Pasco Corporation, Hayato Fukuoka mengatakan, menggunakan satelit sebagai langkah awal untuk membuat peta drainase yang ada.

Menurut dia, teknologi yang ditawarkannya dengan terintegrasi pada satelit ini kemudian akan dibuatkan website khusus untuk memudahkan menginformasikan titik-titik genangan maupun drainase.

“Jadi nanti drainase yang ada dapat diketahui kedalamannya dan pengaliran airnya seperti apa,” jelas Hayato.

Dituturkannya, melalui sistem ini pengelolaan drainase mulai dari ukuran genangan air, data base masalah-masalah penyebab genangan, dan kondisi drainase akan terpantau.

Tidak hanya itu, peta yang terkoneksi langsung pada satu sistem teknologi tersebut juga mampu mendeteksi genangan tersebut dapat merembes jadi banjir luas. Juga mampu mendeteksi terjadinya gempa –ant–


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya