HTTP Status[404] Errno [0]

Konflik Tanah Warga Maboet bak Warga Palestina Terusir dari Tanahnya

13 October 2017 19:10
Konflik Tanah Warga Maboet bak Warga Palestina Terusir dari Tanahnya
Ilustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos.com — Konflik tanah kaum Maboet suku Sikumbang MKW Lehar di Sumatera Barat mengundang seribu pertanyaan yang menggelayut di kepala. Pasalnya, adanya upaya hukum yang dilakukan Kepala BPN Zairullah yang ingin melakukan upaya Praperadilan terhadap Polda Sumbar, terkait ditersangkakannya beberapa oknum BPN oleh Polda Sumbar.

Walaupun dikemudian hari Praperadilan tersebut ditolak oleh Pengadilan Negeri Padang, namun diindikasikan oknum-oknum pejabat BPN dan Pemda Padang masih mencari celah hukum yang memungkinkan mereka lolos dari jeratan hukum.

Konflik tanah di Jalan By Pass Padang yang meliputi empat kelurahan di kecamatan Koto Tangah juga melibatkan nama-nama mantan pejabat beserta keluarganya, padahal obyek tanah yang disengketakan telah disita oleh PN Padang masih ingin dikangkangi oleh oknum BPN dan Pemda.

Sekitar ribuan warga dari suku Maboet MKW Lehar menderita kerugian yang sangat besar, karena mereka terancam terusir dari tanah mereka. Nasib mereka mirip dengan warga Palestina yang terusir dari tanah mereka oleh rezim Yahudi Israel.

Salah satu ahli waris kaum Maboet Lehar mengatakan bahwa penjualan obyek tanah hasil sita PN mengindikasikan adanya manipulasi data dan dokumen yang dilakukan oleh oknum BPN, yang mana sebelumnya pihak kepolisian telah menetapkan 6 tersangka dari kasus ini. Akan tetapi kalo dicermati lebih dalam, masih ada oknum BPN yang terlibat masih melenggang bebas di luar, yang ini selalu melakukan manuver untuk lolos dari jeratan hukum.

“Tidak adanya kepastian hukum atas kepemilikan obyek tanah, membuat sengketa lahan ini jadi rancu, karena disini terlihat, siapa yang kuat dialah yang memiliki obyek tanah” jeritnya.

“Kaum Maboet MKW Lehar ini, bak kaum Palestina yang terusir dari tanah milik mereka sendiri” pungkasnya. – One –


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya