HTTP Status[404] Errno [0]

DP3A Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak di SD 180 Bentenge

20 October 2017 20:47
DP3A Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak di SD 180 Bentenge
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com


BugisPos, Bulukumba.- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terus melakukan sosialisasi program Sekolah Ramah Anak di Bulukumba.

Seperti Jumat (29/10) Plt.Kadis Pemberfayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DP3A) Hj.Darmawati, SE mendatangi SD 180 Kelurahan Bentenge Kecamatan Ujungbulu sekaligus mensosialisasikan program Sekolah Ramah Anak, dihadiri Kepala SD se Kecamatan Ujungbulu, Kepala UPT Dinas Pendidikan Abd.Latif dan H.Suhardi Hammado, pengawas wilayah II Ujungbulu.

Di depan para kepala sekolah dan guru SD se-Kecamatan Ujung Bulu, Hj. Darmawati berharap agar Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kecamatan Ujung Bulu mencontoh SDN 180 Benteng’e sebagai percontohan Sekolah Ramah Anak.

“Sebenarnya beberapa indikator Sekolah Ramah anak sudah dilaksanakan. Namun sayangnya, dokumentasi pelaksanaannya yang kurang berjalan sebagaimana mestinya,” kata Darmawati.

Pada kegiatan sosialisasi itu, yang turut dihadiri beberapa perwakilan orang tua murid, menyampaikan beberapa indikator untuk menjadi Sekolah Ramah Anak.

Diantaranya, komitmen dari tenaga pendidik, pendidik, siswa serta orang tua siswa untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak, seperti dalam membentuk Tata Tertib di Sekolah, melibatkan siswa, orang tua siswa dan guru.

” Jadi ketika siswa melanggar Tata Tertib, mereka sudah tahu konsekwensinya dan bertanggung jawab atas kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan,” sebut Darmawati.

Sementara itu, Kepala Upt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ujung Bulu H. Abdul Latif mengapresiasi positif kegiatan sosialisasi Sekolah Ramah Anak di wilayah kerjanya.

Menurutnya, SDN 180 Benteng’e sudah melaksanakan program Sekolah Ramah Anak sejak dua bulan lalu.
“Alhamdulillah, hasilnya sudah bisa dirasakan hari ini. Bahkan hingga hari ini sudah tidak ada lagi laporan dan keluhan mengenai adanya kekerasan di sekolah ini,” ungkap Abduk Latif.

Hal senada diungkapkan Syahyul Lide Ketua Komite SDN 180 Bentenge bahwa program Sekolah Ramah Anak sudah dilaksanakan, dan hal tersebut bersinergi dengan program pemerintah lainnya seperti Adiwiyata yang berkaitan dengan kebersihan dan lingkungan hidup.

Sementara itu Hj. Nurbaya Kepala SDN 180 Benteng’e selaku inisiator yang mengundang Plt. Kadis P3A Hj.Darmawati, memaparkan pengalamannya dalam mengelola program Sekolah Ramah Anak.

“Intinya indikator Sekolah Ramah Anak, kami penuhi dengan melibatkan seluruh potensi di sekolah, termasuk murid dan orang tua murid,” papar Nurbaya.

Nurbaya menambahkan, salah satu indikator yang harus dilakukan untuk suksesnya program sekolah ramah anak adalah dengan menularkan program ini kepada sekolah lain.

“Makanya kami bekerjasama dengan DP3A Bulukumba untuk menularkan program ini,” kata Nurbaya seperti dilaporkan Muhajir Ganie kepada BugisPos.com dan sebelumnya kegiatan serupa juga sudah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang.- suaedy lantara,-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya