HTTP Status[404] Errno [0]

Soal Ribu-ribut Aplikasi Smartphone RT/RW

03 November 2017 07:22
Soal Ribu-ribut Aplikasi Smartphone RT/RW
illustrasi Smartphone
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

illustrasi Smartphone

BugisPos — Beberapa hari lalu ada segelintir orang yang menyoal Smartphone RT/RW. Mereka memprotes Pemerintah Kota karena Smartphone yang dibagikan itu telah dilengkapi alat menyadap.

Sebelumnya, Walikota Danny Pomanto menyatakan, pihaknya menargetkan, Smartphone untuk RT/WR akan dibagikan pada Desember mendatang sebanyak 4.972 unit untuk kmasih dalam proses penginstalan aplikasi.

“Androidnya memang sudah ada. Tetapi masih dalam tahap penginstalan aplikasi. Infokom masih siapkan slot untuk itu,” kata Danny, Rabu (25/10/2017).

Danny mengatakan, penggunaan smartphone oleh para ketua RT tersebut harus digunakan untuk pelayanan publik. Olehnya, pemerintah akan memasangkan aplikasi untuk mengawasi percakapan para Ketua RT/RW.

“Percakapan mereka harus kita kontrol, jangan sampai digunakan pribadi saja. Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik,” tuturnya.

Nah, dengan pernyataan Danny Pomanto inilah yang diprotes mereka. Mereka menganggap alat konunikasi ini dilengkapi alat penyadap.

Deny, pejabat Kominfo Makassar yang ahli di bidang IT menjelaskan, bahwa perangkat yang dipasang di alat ini, tak lebih dari upaya untuk memastikan bahwa apakah alat ini bukan digunakan untuk keperluan tugas-tugas RT/RW.

Kata Deny, memang HP ini hanya sebatas dugunakan untuk pelapora kinerja para RT/RW, alat konikasi antar ketua RT/RW, dan merupakan sarana konunikasi dengan warga. Bukan untuk digunakan diluar tugas RT/RW.

“Para ketua RT/RW kan pasti punya HP pribadi masing-masing. Jadi kalau untuk urusan pribadi diluar urusan dinas RT/RW, silahkan saja menggunakannya tanpa campur tangan Pemkot. Pemkot tak punya hak mengurusi HP pribadi orang. Tapi bila menggunakan Smartphone milik Pemkot itu, ya tentunya harus sesuai aturan” urai Deny kepada BugisPos –una–

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya