HTTP Status[404] Errno [0]

Tak Mudah Walikota Mewakili Asia Tenggara

03 November 2017 07:24
Tak Mudah Walikota Mewakili Asia Tenggara
Danny Pomanto
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Danny Pomanto

BugisPos – Adalah fakta nyata bahwa Walikota Makassar ternyata punya kesempatan emas mewakili Indonesia untuk berbicara pada even internasional. Dalam sejarah belum pernah ada Walikota di Indonesia yang tampil mewakili Asia Tengggara di forum dunia.

Tetapi kami ini menjadi lain situasinya. Sebab Walikota Makassar justeru diundang oleh dunia internasional untuk bicara. Undangan tersebut datang dari Pemerintah Federal Belgia dan Kota Mechelen, untuk menghadiri Konferensi Global tentang Kota dan Migrasi, pada 16- 17 November 2017 mendatang.

Kegiatan yang akan digelar di Mechelen, Belgia ini, diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments (UCLG), International Organization for Migration atau Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), dan United Nations Human Settlements Programme (UN–HABITAT).

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Firman Pagarra mengungkapkan, dalam kegiatan yang membahas masalah kemanusiaan dan migrasi ini, Danny Pomanto menjadi perwakilan dari Asia Tenggara.

“Berdasarkan undangan yang kita terima, Konferensi Mechelen, juga akan menghadirkan perwakilan politik lokal dan praktisi ahli dari seluruh dunia untuk bertukar dan menangani masalah-masalah yang terjadi di dunia,” papar Firman, Rabu (18/10/2017).

Topik masalah yang akan jadi pembahasan, antara lain tentang hak asasi manusia migran, kerjasama internasional untuk migrasi dan pemerintahan global, driver migrasi, penyelundupan migran dan perdagangan manusia, menangani migrasi tidak teratur, migrasi dan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, serta integrasi sosial.

Dengan tujuan, agar konferensi ini memungkinkan pihak berwenang setempat dapat menyumbangkan pengetahuan dan pengalaman mereka ke Global Compact 2018, untuk Migrasi yang aman, tertib dan reguler.

“Ini adalah kesempatan bagi negara-negara yang hadir untuk berkomitmen, pada kerangka kerja kerjasama internasional yang komprehensif mengenai migrasi dengan komitmen yang dapat ditindaklanjuti, sarana pelaksanaan, serta bentuk kerangka kerja tindak lanjut,” tutupnya –@–

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya