HTTP Status[404] Errno [0]

Firman Pagarra: Siapa Lagi Kalau Bukan Kita

13 December 2017 05:46
Firman Pagarra: Siapa Lagi Kalau Bukan Kita
Firman Hamid Pagarra
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Firman Hamid Pagarra

BugisPos — Satu di antara peberapa pejabat Pemkot Makassar yang selalu dipercaya pendampingi Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam aktifitas keseharian menjalankan roda pemerintahan, adalah tak lain Kabag Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra,S.STP, M.PUB.POL.

Pria kelahiran Makassar 2 Juli 1981 ini, memang bukan ajudan wakota, tetapi dimana-mana walikota berada, maka disitulah ada Firman hadir mendampingi. Ini sesungguhnya adalah bentuk kepercayaan walikota yang begitu besar terhadap Firman. Dan Firman melakoninya dengan percaya diri dan enjoy.

Sekali tempo Firman mendapat pertanyaan wartawan, kenapa selalu ada Firman kemana pun walikota berada. Dan dengan ringan Firman berkata ; siapa lagi yang harus mendampingi walikota kalau bukan kita (kami-red) sebagai pembantu walikota.

Terkadang memang Firman terlihat sangat capek dan ngantuk di rujab Walikota, sementara walikota Danny Pomanto yang harus melayani begitu banyak kepentingan warga, seringkali harus memanggil kabag humas yang masih terlihat kecapean, dan saat-saat seperti itu Firman selalu berhasil mengusir rasa capek dan kantuknya untuk semangat dan tegar menjalankan perintah walikota yang sangat dia hormati.

Dalam keseharian, Firman terlihat mampu mengendalikan tugas-tugas kehumasan meskipun tak berada di kantor atau sedang mendampingi walikota. Komunikasi yang intens dengan pihak media pers cukup lancar meskipun dilakukan melalu sambungan telepon atau fasilitas ITE lainnya. Karena dia yang selalu langsung mencover kegiatan walikota, maka pemberitaan atas kegiatan walikota juga menjadi lebih lancar ke sejumlah media. Bahkan tak jarang Firman yang membuat laporan langsung ke media misalkan dalam suatu perjalanan dinas walikota, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Bagi Firman, hidup ini bagaikan kertas kosong yang nantinya akan diwarnai. Dalam hal ini, warna yang ditorehkan pada kertas kosong tersebut, dan teragntung kreativitas kepribadian seseorang. Hidup itu indah, penuh warna-warni. Dan warna itu, tergantung kita sendiri. Apakah akan diberikan warna yang berkualitas atau tidak ?

Kata dia, dalam memberi warna pada hidup yang lebih berkualitas, perlu berbagai metode yang tentunya untuk meningkatkan karier yang lebih baik kedepannya. Salah satunya yakni memaksimalkan kualitas (potensi) diri.

“Saya tidak terlalu menuntut karier. Dalam hal ini, kita bekerja keras saja sesuai potensi yang dimiliki, dan keputusannya diserahkan pada pimpinan ataupun orang lain yang menilai atas kinerja yang dilakukan. Namun, pada dasarnya hal itu ini mutlak untuk dicapai sebagai landasan membawa hidup lebih baik ke depannya” katanya.

Bagi Firman, menduduki jabatan Humas tidaklah muda. Dipercayakan untuk memimpin Humas Kota Makassar merupakan hal yang membanggakan, namun tidak gampang. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya pada pelayanan informasi seputaran pemerintahan Kota Makassar tentunya, coba menerapkan berbagai sistem dan inovasi terbaru.

Memimpin internal Humas, perlu mengoptimalkan hubungan emosional dengan pegawai Humas tentunya. Jika hubungan emosional dengan bawahan telah terjalin, maka program-program yang dicanangkan akan lebih gampang direalisasikan. Firman meyakini itu.

Dalam hal ini humas akan mampu menjadi public relation yang terpercaya di mata masyarakat tentunya. Dan untuk membawa humas lebih berwarna ke depannya sebagai public relation bagi Pemkot Makassar, perlu dibangun hubungan yang harmonis dengan media sebagai stakeholder utama.

“Saya berharap semoga Humas Kota Makassar mampu memberikan informasi dan pelayanan yang akurat dan terbaik. Dan yang terpenting, Humas ke depannya mampu memberikan warna tersendiri bagi masyrakat,” harap Firman.

Karier :

  • Staf Kecamatan Mariso (2003-2005)
  • Kasi Penyuluhan Satpol PP (2005-2008)
  • Tugas Belajar S2 (2008-2010)
  • Staf Bappeda (2010-2011)
  • Lurah Kalukuang Kec. Tallo (2011-2012)
  • Kasubid Pendataan (2012-2014)
  • Badan Pemberdayaan Masyarakat
  • Kasubag Administrasi & Dokumentasi Bagian Kerjasama, Humas (2014-2015)
  • Kabag Humas Pemkot Makassar (2015- sekarang)

Organisasi :

  • Ketua Perhimpunan Pelajar Organisasi PPIA ANU (2008-2009)

Pendidikan :

  • Pendidikan: – S1 STPDN lulus 2003 – S2 Australia National University lulus 2010

Keluarga :

Bagi Firman, keluarga adalah hal yang nomor satu. Semangat hidup dari keluargalah seseorang dapat meraih cita-cita dan sukses dalam berkarier. Dari isteri tercinta, Fadliah, S.STP, M.Si, Firman dikarunia anak, yakni : 1. Raviandra Ramadhan Pagarra 2. Revalysha Adisty Pagarra 3. Ravananda Desta Pagarra.

(Usdar Nawawi)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya