HTTP Status[404] Errno [0]

78 Kelompok UKM Di Bulukumba Terima Bantuan

21 December 2017 14:20
78 Kelompok UKM Di Bulukumba Terima Bantuan
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos, Bulukumba.- Satu lagi keberhasilan ditorehkan.Pemerintah Kabupaten Bulukumba dibawah Kepemimpinan Bupati AM.Sukri A.Sappewali bersama DPRD Bulukumba, setelah Pemerintah Provinsi Sulsel memastikan akan memberikan bantuan permodalan kepada 78 kelompok Usaha Kecil ( mikro) kategori baru dengan modal usaha dibawah Rp.50 juta.

Ke 78 kelompok tersebut tersebar di sepuluh Kecamatan dalam wilayah Bulukumba, mulai usaha pembuatan kue, perbengkelan, jahit menjahit, percetakan, pertanian, kelautan dan jasa kreatif.

Bantuan permodalan tersebut, berkat upaya yang dilakukan Pemkab berdama DPRD melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bulukumba.

Kadis Koperasi dan UKM Taufik SH didampingi Kabid Koperasi H.Alimuddin Tajibu kepada BugisPos.com Kamis (21/12) menjelaskan, dari 150 kelompok yang telah dilatih oleh tim independen.Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Bulukumba merupakan terbanyak menerima bantuan yaitu mencapai 52 persen atau 78 kelompok, dari sebelumnya dijanjikan hanya 60 kelompok atau 40 persen dari peserta yang akan menerima bantuan.

” Awalnya kami dijanjikan hanya 40 persen dari total peserta pelatihan yang akan menerima bantuan, tetapi atas dorongan Bupati AM.Sukri, kami terus melobi dan meyakinkan tim Independen, akhirnya jumlah penerima naik menjadi 52 persen atau 78 kelompok dan setiap kelompok jumlahnya 20 orang,” jelas Taufik.

Berapa jumlah bantuan yang diterima tiap kelompok,? menurut Taufik, setiap kelompok akan menerima dana Rp. 10 juta, sehingga total dana yang masuk ke kelompok sebesar Rp. 780 juta, dan dana tersebut langsun masuk ke masing masing rekening kelompok,” jelasnya lagi.

Dijelaskan, seluruh kelompok yang menerima bantuan, ditentukan oleh pemberi bantuan yaitu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, berdasarkan hasil penelitian yang mereka lakukan melalui tim Independen yang dibentuk Dinas Koperasi dan UKM Sulsel. ” Kami di Bulukumba hanya membimbing dan mengarahkan mereka termasuk dalam pembuatan.proposal, dan sejak awal kami dijanji akan diberikan bantuan 40 persen, tetapi alhamdulillah naik menjadi 52 persen dan rencananya dana bantuan itu akan masuk ke masing masing rekening pada bulan ini,” sebut mantan Kepala Balitbang ini.

Selain bantuan modal, tambah Taufik, mereka 150 orang yang telah mengikuti pelatihan, juga akan menerima honor sebesar Rp.480 ribu selama tiga bulan atau totalnya sebesar Rp.216 juta.

” Kami berharap, seluruh kelompok yang menerima bantuan, betul betul dimanfaatkan sehingga kesejahteraan mereka bisa lebih baik dari sebelumnya,” kunci Taufik.- suaedy lantara,-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya