HTTP Status[404] Errno [0]

Semarak Hari Ibu ke 89 Di Bulukumba. Perempuan Berdaya, Bulukumba Jaya

28 December 2017 20:02
Semarak Hari Ibu ke 89 Di Bulukumba. Perempuan Berdaya, Bulukumba Jaya
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos, Bulukumba.-Puncak peringatan Hari Ibu ke 89 tahun 2017, Kamis (28/12) berlangsung semarak dan mengharukan di hotel Agri Bulukumba, kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan seluruh organisasi perempuan.

Acara yang dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar mengambil tema “Perempuan Berdaya, Bulukumba Jaya” dan Sub tema meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dar kekerasan.

Menariknya seluruh pelaksana pada kegiatan yang diketuai Hj.A.Dewi Maharani Hamzah Pangki yang juga ketua IHWAN dilakukan oleh perempuan, mulai protokol, Handariah ( TP.PKK) Perwira upacara Ny.Sahabuddin ( Persit) pembaca ayat suci Alquran Radiah Mardiah, pembaca doa, pembaca Pancasila Hj.A.Hamrina A.Muri ( Dharma wanita) dan pembukaan UUD 1945, Hj.Nuraeni ( IHWAN ) serta sejarah singkat Hari Ibu oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Siti Isniyah Tomy Satria.

Ketua Panitia Pelaksana Hj.Andi Dewi Maharani Hamzah Pangki melaporkan, peringatan hari ibu untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan, khususnya dalam membangun generasi bangsa. Olehnya itu, para perempuan Bulukumba yang tergabung dalam berbagai organisasi mengambil bagian dalam memperingati Hari Ibu ini.

“Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan adalah seminar sehari, bakti sosial, anjangsana ke panti asuhan, ziarah ke makam pahlawan Taccorong dan makam Pahlawan Nasional Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre. Terakhir acara puncak peringatan Hari Ibu pada hari ini,” papar istri Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki ini.

Puncak peringatan Hari Ibu dihadiri tidak kurang dari tiga ratus orang yang terdiri dari unsur Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, TNI, Polri, Organisasi Perempuan, Panti Asuhan dan Anggota Forum Anak se-Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, yang didaulat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, lebih awal mengatakan sedianya peringatan hari ibu di Bulukumba dilaksanakan pada 22 Desember lalu, tapi karena kegiatan serupa juga dilaksanakan di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, maka peringatan hari ibu bergeser ke hari Kamis (28/12).

“Meski demikian, momentum hari ibu tetap kita laksanakan sebagai salah satu wujud cinta dan kasih sayang kita kepada ibu,” kata Andi Sukri Sappewali sebelum membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Andi Sukri mengatakan, perempuan adalah tiang negara, dan jika perempuan lemah maka negara bisa hancur.

“Ibu adalah perempuan yang harus diberdayakan dan digerakkan potensinya utamanya dalam mewarnai hidup anak-anak kita sebagai pelanjut generasi di masa datang. Untuk itu, kita harus menghargai dan menghormati ibu,” tegasnya.

Saat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bupati Bulukumba itu juga menjelaskan bahwa hari ibu di Indonesia diperingati sebagai momentum sejarah peran perempuan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Pada Kongres Perempuan Indonesia Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 pasca Sumpah Pemuda, kaum perempuan yang terdiri dari para ibu bertekad memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bersama para pejuang pria saat itu.

“Kita berharap agar seluruh masyarakat dapat mewariskan nilai-nilai luhur perjuangan ibu dan perempuan untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan dengan landasan persatuan dan kesatuan,” kata Andi Sukri Sapewali

Lebih lanjut Bupati meminta agar momentum hari ibu dijadikan awal yang baik untuk menghapus segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak. Masalah-masalah bangsa seperti maraknya kasus kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan HIV Aids sebagai buntut lemahnya pondasi keluarga.

Untuk itu, perempuan sekaligus ibu sebagai mitra bapak dalam keluarga, harus berperan besar utamanya dalam mewujudkan generasi yang memiliki kualitas yang inovatif.

Pada peringatan hari ibu kali ini, sejumlah tokoh memberikan testimoni tentang makna hari ibu.

Tomy Satria Yulianto Wakil Bupati Bulukumba misalnya menilai bahwa hari ibu menjadi momen untuk menjadikan sosok ibu sekaligus perempuan sebagai mitra sejajar pria. Seorang ibu boleh berkarir tapi tidak boleh melupakan tanggung jawabnya dalam runah tangga.

“Isu gender tidak boleh mengorbankan hak-hak anak dan anggota keluarga lainnya. Anak-anak kita tetap harus mendapat perhatian yang cukup agar tidak bergaul bebas dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan lain-lain,” kata Tomy Satria Yulianto.

Hal senada disampaikan Andi Hamsah Pangki Ketua DPRD Bulukumba. Politisi Golkar itu meminta agar perempuan harus berperan dalam pembangunan disamping tugasnya sebagai ibu rumah tangga.

Sementara Dandim 1411 Bulukumba dan Kapolres Bulukumba meminta agar peran ibu lebih optimal dalam mendidik anggota keluarga dalam rangja mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Peringatan hari ibu di Kabupaten Bulukumba tahun ini, terasa lebih syahdu dan diwarnai isak tangis karena dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan tampil menyampaikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW adalah DR.Syarifa Zuhra.M.Pd, serta pembacaan puisi tentang perjuangan ibu.
Selain itu, diawal acara, atraksi seni dan tari kreasi dari Forum Anak Daerah Panrita Lopi Bulukumba tampil memukau peserta peringatan hari ibu yang mementaskan tari tentang pernikahan dini serta lagu three ends.

Dan dipenghujung acara, Bupati Andi Sukri mengawali pemotongan nasi tumpeng selanjutnya diserahkan kepada isteri tercintanya Hj.A.Rosna Rosman yang juga ketua TP PKK Bulukumba,disusul pejabat lainnya, mulai Wabup Tomy Satria, Ketua DPRDD HA.Hamzah Pangki, Kapolres AKBP.M.Anggi Naulifar Siregar, Dandim 1411 Letkol Arm.Sutikno, Ketua PN Bulukumba, Sekkab.AB.Amal kesemuanya menyuapi isterinya masing masing termasuk wartawan media ini H.Suaedy Lantara menyuapi isterinya Hj.Darmawati Suaedy Plt Kadis PPPA Bulukumba.- muhajir / suaedy

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya