HTTP Status[404] Errno [0]

Rastra Gratis, Wabup Minta Pengawasan Diperketat

25 January 2018 16:41
Rastra Gratis, Wabup Minta Pengawasan Diperketat
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Bugispos.com,Bulukumba.-Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto melaunching pembagian Beras Sejahtera (Rastra) kepada Masyarakat miskin Kelurahan Dannuang dan Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Bulukumba, Kamis, (25/1)di Kantor Bupati Bulukumba.

Lounching rastra tersebut Tomy berharap pengawasan diperketat karena penerimaan beras sejahtera yang dulu sebutannya beras miskin bersifat gratis.

Tomy mengaku, jika program Rastra masyarakat miskin Bulukumba ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena 2018 ini pemberian beras gratis kepada penerima manfaat.
“Kalau dulu rastra dibayar Rp 1.600 perkilonya. Sekarang gratis, saya harap pengawasanya diperketat. Jangan sampai merugikan masyarakat dan dipermainkan oleh oknum tertentu,”jelasnya.

Dia berharap Petugas Kesejahteran Sosial Kecamatan (PKSK) dan pendamping PKH bisa melakukan pengawasan. Jangan sampai beras tidak disalurkan dengan baik atau tersimpan.

Pelaksana Tugas (Plt) Sub Divre Bulog Bulukumba, Sarwoko mengatakan, jika Bulog 2018 ini akan menyalurkan Rastra sebanyak 186.520 ton, yang diperuntukkan untuk kepada 18.652 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dia memastikan kualitas beras baik untuk dikonsumsi, yang kelasnya berada dalam tingkat medium, yang memiliki kadar air 14 persen.

“Sama dengan tahun kemarin, jumlah kuantumnya saja yang berubah. Kalau dulu 15 kilogram per KK, sekarang 10 kilogram,” jelas Sarwoko yang juga kepala Seksi Pelayanan Publik Bulog Bulukumba itu.

Kepala Dinas Sosial, Syarifuddin yang dikonfirmasi mememastikan penyaluranya akan tepat sasaran. Hal tersebut dikarenakan pembagianya berdasarkan by name and by Adress, yang pendataanya terus diperbaharui setiap tahunnya.

Untuk penerima manfaat 2018 ini. Syarifuddin mengaku berjumlah sebanyak 18.652 KPM, sesuai dengan SK Kementerian Sosial nomor 4, tahun 2018 tentang penetapan jumlah KPM.

“Iya, ini launching untuk dua desa kelurahan dulu yaitu Desa Salemba 174 KPM, dengan total Rastra sebanyak 1.740 ton. Sedangkan Kelurahan Dannuang sebanyak 262 KPM dengan jumlah Rastra 2.620 ton. 10 hari ke depan Insya Allah, kita rampungkan. Satu kecamatan satu hari, tergantung kesiapan desa kelurahannya, kata Syarifuddin.- suaedy lantara,-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya