HTTP Status[404] Errno [0]

Putra Gubernur SYL Sosialisasi Pajak Di Bulukumba

15 February 2018 20:29
Putra Gubernur SYL Sosialisasi Pajak Di Bulukumba
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos.com, Bulukumba.-
Kemal Redindo Syahrul Putra, SH, MH yang menjabat Sekertaris Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel dan putra Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Kamis (15/2) tampil dihadapan ratusan warga Bulukumba menyampaikan sosialisasi pajak, di hotel Arini Bulukumba.

Selain Kemal Redindo, juga tampil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Sulsel Irwan Patawari, dan Kanit Reginden Samsat Bulukumba Ipda.Syarif dan tampil sebagai moderator Kamaruddin, yang juga Plt UPTD Samsat Bulukumba.

Dihadapan peserta sosialisasi, Kemal Redindo Syahrul Putra, menyampaikan, Bapenda Sulsel akan memberikan subsidi pajak pada angkutan umum orang sebesar 70 persen. Pemberlakukannya sisa menunggu rampungnya Peraturan Gubernur Sulsel.

Dengan demikian pengusaha angkutan umum di Sulsel hanya membayar pajak sebesar 30 persen, tetapi kata Kemal, masih banyak syarat administrasi yang harus dilengkapi pemilik angkutan.

“Insentif PKB dan BBNKB untuk Kendaraan Bermotor angkutan umum orang ditetapkan sebesar 70 persen dari dasar pengenaan PKB. Sementara insentif PKB dan BBNKB untuk kendaraan bermotor angkutan umum barang ditetapkan sebesar 50 persen dari dasar pengenaan PKB,” sebut Kemal sambil mengajak masyarakat Bulukumba untuk taat pajak.

Dijelaskan, insentif hanya bisa diberikan kepada kendaraan angkutan umum yang memenuhi syarat, yaitu harus berbadan hukum, memiliki izin trayek, memiliki buku uji kendaraan, serta memiliki surat izin tempat usaha/surat izin usaha perdagangan (SITU/SIUP) bergerak dibidang angkutan umum.

Pada kesempatan itu, Kemal mengingatkan kepada masyarakat Bulukumba agar taat membayar pajak kendaraan bermotor, karena pajak yang dibayarkan juga akan kembali kemasyarakat dalam bentuk pembangunan.

Dia juga menjelaskan pada tahun 2017, Bapenda Provinsi Sulsel memberikan dana bagi hasil DBH kepada Pemkab Bulukumba sebesar. Rp 51,8 miliar lebih. ” DBH itu berasal dari lima pajak yang dipungut oleh Unit Pelaksana Teknis Pendapatan (UPTP) Wilayah Bulukumba pada tahun 2017 di wilayah Bulukumba,” ungkal Kemal.

Kemudian layanan terbaru yang dibuat Bapenda Sulsel saat ini, adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) nontunai melalui ATM dan kartu debit menggunakan EDC.

” Bapenda Sulsel telah melakukan banyak terobosan untuk memanjakan wajib pajak di Sulsel. Karenanya tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor,” terang putra Gubernur SYL ini.

Selain pembayaran nontunai, katanya, terobosan lain yang dilakukan Bapenda Sulsel adalah samsat Keliling, samsat Delivery, Pelayanan e-samsat di Bank Sulselbar, info pajak via sms dan twitter, penagihan door to door, dan masih banyak lagi.

Kemudian Bapenda Sulsel juga memberikan insentif bea balik nama untuk pembelian kendaraan baru (BBNKB) sebesar 20 persen. Dengan pemberian subsidi ini, BBNKB di Sulsel menjadi 10 persen yang sebelumnya sebesar 12,5 persen.

“Dengan BBNKB sebesar 10 persen, artinya harga kendaraan di Jakarta sudah sama dengan kendaraan di Makassar, jadi tidak perlu lagi membeli kendaraan di baru di Jakarta, cukup membeli kendaraan di Sulsel,” katanya.

Dan ada kabar gembira bagi pemilik kendaraan roda empat yang lebih dari satu. Kabar gembiranya, pajak progresif kini diturunkan yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2018.

” Sebelumnya, pajak progresif kendaraan kedua sebesar 2,5 persen, terhitung 1 Januari 2018, turun menjadi 2 persen, pajak progresif kendaraan ketiga yang sebelumnya 3,5 persen sekarang menjadi 2,25 persen, sementara pajak progresif kendaraan keempat yang sebelumnya sebesar 4,5 persen, sekarang sebesar 2,5 persen, dan pajak kendaraan kelima dan seterusnya yang dulu sebesar 5,5 persen, sekarang sisa 2,75 persen.-

Sementara itu Irwan.Patawari, mengajak masyarakat jika ingin keluar Bulukumba, misalnya ke Makassar, agar kendaraannya di isi BBM yang ada di Bulukumba, karena nanti pajak BBM kembali ke daerah Bulukumba melaluo bagi hasil pajak.-suaedy lantara,-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya