HTTP Status[404] Errno [0]

Gara-gara Erwin Ditahan, Petugas Sampah Tak Terima Gaji

20 February 2018 09:43
Gara-gara Erwin Ditahan, Petugas Sampah Tak Terima Gaji
Illustrasi mobil sampah kota Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Illustrasi mobil sampah kota Makassar

BugisPos — Hingga pekan kedua di bulan Februari ini, sopir mobil Tangkasaki, akronim dari Truk Angkutan Sampah Kita belum juga menerima gajinya. Sopir mobil Tangkasaki mengakui jika sampai sekarang mereka belum mendapatkan honornya untuk bulan Januari. Padahal, uang tersebut sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Camat se-Kota Makassar sudah berupaya mengantisipasi hal ini. Mereka telah mengumpulkan para pegawai honorer dan petugas kebersihannya. Kepadanya diberikan arahan untuk memaklumi kondisi saat ini.

1.200 ton sehari data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menyebut, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa setiap hari rata-rata 1.200 ton. Jumlah tersebut berupa sampah organik dan rumah tangga.
Sekretaris DLH Kota Makassar Andi Iskandar mengklaim, volume sampah yang masuk di TPA Tamangapa sekarang ini sudah menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan kehadiran bank sampah.

Dulunya sampah yang masuk ke sana mencapai 1.400 hingga 1.500 ton. Sampah berupa botol atau gelas plastik, kaleng, atau kardus semuanya dipilah lalu dibawa ke bank sampah yang telah terbentuk di masing-masing kelurahan.

“Sampah yang masuk ke TPA Tamangapa setiap harinya merupakan sampah rumah tangga seperti nasi dan daun kering. Tidak bisa lagi didaur ulang. Kalau botol dan gelas plastik, kardus, dan kaleng sekarang dimasukkan ke bank sampah dan ditukar menjadi uang,” jelas Iskandar, kemarin Untuk menekan volume sampah yang masuk ke TPA Tamangapa, DLH Kota Makassar terus berupaya memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk sadar akan produksi sampah.

Termasuk di dalamnya memanfaatkan sampah menjadi uang dengan menukar sampah plastik, kardus, kertas, dan kaleng ke unit bank sampah di wilayah masing-masing (hms)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya