HTTP Status[404] Errno [0]

Nurdin Abdullah Dengan Segudang Cerita

20 February 2018 18:56
Nurdin Abdullah Dengan Segudang Cerita
Nurdin Abdullah
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Nurdin Abdullah

BugisPos — Nurdin Abdullah salah satu putra terbaik yang dimiliki Kabupaten Bantaeng, selama 10 tahun telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan kota tertua di Sulawesi Selatan ini yang dijuluki “Butta Toa”.

Lahir dari rahim wanita bernama Nuraeni Abdullah tahun 1963 silam dan merupakan cucu dari Hj.Latippa salah satu raja Bantaeng, Nurdin Abdullah sejak kecil hingga dewasa justru tidak menetap di Bantaeng. Beliau bersama keluarga dari kecil hingga dewasa menetap di Kota Makassar.

Alumni SMAN 5 Makassar Tahun 1981 ini, melanjutkan pendidikannya di Universitas Hasanuddin mengambil jurusan pertanian dan kehutanan, kemudian lanjut S2 dan S3 di Universitas Kyushu Jepang dan mengambil jurusan agrikultur.

Sejak masih menjadi mahasiswa di Jepang, beliau sudah menjadi Direktur Medical di Universitas Kyushu lantaran prestasi akademiknya yang gemilang. Beliau juga memimpin beberapa perusahaan ternama di Indonesia dan di Jepang.

Hubungan nasional dan internasional Nurdin Abdullah tidak diragukan lagi, terbukti dari banyaknya jaringan yang dimiliki.

Saat tahun 2003, beliau diminta kembali ke Bantaeng langsung oleh ribuan masyarakat karena mengetahui beliau sebagai salah satu putra Bantaeng yang telah teruji kecerdasan dan kapabilitasnya, terlebih mata pencaharian utama masyarakat Bantaeng ada di sektor pertanian yang sesuai dengan salah satu keahlian beliau.

Saat itu Nurdin Abdullah tidak langsung menyangggupi lantaran beliau bukan orang politik, keluarga pun tidak menyetujui. Tapi pada tahun 2008 setelah melihat langsung kondisi Bantaeng, hati beliau tergerak untuk menyalurkan ilmu yang selama ini digeluti untuk Butta Toa Bantaeng.

Masyarakat pun menyambut gembira kesanggupan beliau untuk mengubah Bantaeng menjadi lebih baik dari sebelumnya, saat itu Bantaeng masih berada di urutan ke-165 kategori daerah tertinggal.

Tahun 2009 Nurdin Abdullah resmi menjadi Bupati Bantaeng ke-9, satu-satunya Bupati bergelah Professor di Indonesia dengan perolehan suara hampir mencapai 80% dengan tidak ada kendaraan politik. Terpilihnya beliau sebagai Bupati Bantaeng murni karena dorongan dari masyarakat.

Gebrakan langsung dilakukan saat awal pemerintahannya. Banjir diatasi dengan membuat cekdam, inovasi dalam bidang pertanian pun dilakukan, sumber daya manusia dikelola sesuai dengan kemampuan individu, tata kota diperbaiki, inovasi dalam bidang kebersihan dan kesehatan pun dilakukan.

Hasil dari berbagai inovasi yang dilakukan, membuat Bantaeng mendapat puluhan penghargaan nasional maupun internasional. Nurdin Abdullah pun mendapat banyak penghargaan sebagai salah satu Bupati terbaik di Indonesia.

Nurdin Abdullah yang telah expert di bidang pertanian dan kehutanan mampu menjadikan taraf hidup petani di Kab.Bantaeng meningkat melalui inovasi yang dilakukan. Banjir pun sudah berhasil di atasi saat kepemimpinannya, dan angka kematian lantaran penanganan yang terlambat berhasil dikurangi karena telah memiliki Bridge Siaga Bencana yang siap 24 jam saat diperlukan.

Kini Bantaeng sudah tidak dikatagorikan daerah tertinggal sejak Nurdin Abdullah menjadi Bupati. Bantaeng bisa berubah lantaran keuletan dan keteladanan beliau mengawal masyarakat Bantaeng, tak heran jika beliau kembali dipercaya oleh masyrakat untuk memimpin Bantaeng selama 2 periode.

Bantaeng memang hanya menunggu orang yang tepat dan yang ikhlas mengabdi untuk menjadikan Bantaeng berjaya. APBD yang tergolong kecil dibandingkan yang lain mampu membuat Bantaeng keluar dari ketertinggalan karena dikelola dengan baik dan karena hubungan internasional yang dimiliki Nurdin Abdullah.

Kini Bantaeng menjadi tempat berkunjung dan percontohan kota-kota lainnya. Banyaknya masyarakat dari luar kota yang datang berkunjung membuktikan bahwa Bantaeng sudah bukan daerah gersang yang dulu lagi.
Pendapatan perkapita masyarakat yang meningkat dan SDM yang mumpuni sanggup meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Masyarakat berharap Nurdin Abdullah tetap bisa mengabdikan hidupnya untuk kemaslahatan masyarakat karenanya beliau pun kembali didorong untuk maju dalam pemilihan Gubernur Sul-Sel.- IBA –

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya