HTTP Status[404] Errno [0]

Abu Tours Diduga Melanggar Undang-undang Pelaksanaan Haji dan Umrah

27 February 2018 10:47
Abu Tours Diduga Melanggar Undang-undang Pelaksanaan Haji dan Umrah
Kabid Humas Polda Sul-Sel, Kombes Pol Dicky Sondani
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kabid Humas Polda Sul-Sel, Kombes Pol Dicky Sondani.

BugisPos — Melansir pemberintaan yang marak menyudutkan pihak biro perjalanan haji dan umrah, Abu Tours yang sampai saat ini belum memberangkatkan kurang lebih 1000 calon jamaah umrah dan haji yang tersebar di beberapa daerah, baik di Sulawesi Selatan maupun dari provinsi luar Sul-Sel, kepolisian daerah (polda) Sul-Sel akan segera melakukan gelar perkara terkait hal itu.

Sampai sekarang keluhan masyarakat yang dilaporkan kepada Polda sebanyak 252 orang dan dipastikan akan terus bertambah. Pihak polda akan memanggil bos dari Abu Tours untuk dikonfirmasi perhihal penggunaan anggaran dari calon jamaah.

Abu Tours diduga melanggar undang-undang pelanggaran undang-undang nomor 13 tahun 2018 tentang pelaksanaan haji dan umrah serta melanggar KUHP pasal 372 dan 378 tentang penipuan dan penggelapan.

Pihak Polda akan mengusut tuntas kasus pelanggaran tersebut dan akan terus membuat posko pengaduan untuk menampung seluruh laporan masyrakat yang sampai saat ini belum juga diberangkatkan.

“Kami pihak polda akan melakukan gelar perkara dalam waktu dekat untuk penyidikan dan selanjutnya akan memanggil bos Abu Tours”, tegas Kombes Pol Dicky Sondani.

Kabid Humas Polda Sul-Sel, Kombes Pol Dicky Sondani menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan awal kepada kanwil kementerian agama Sul-Sel dan mendapatkan pernyataan dari departemen agama jika pihak Abu Tours melakukan pelanggaran undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah.

Sementara dikonfirmasi di tempat terpisah, Direktur Operasional Abu Tours Makassar, Agus Camma memastikan bahwa 16 ribu jamaah yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia akan diberangkatkan, tapi pemberangkatannya dilakukan secara berkala.

Menurut Agus Camma, senin kemarin (26/2/2018) pihaknya telah memberangkatkan sekitar 180 jamaah untuk daerah Jakarta, dan menyusul pemberangkatan selanjutnya hari ini (27/2/2018) dengan total 159 jamaah.

“Pemberangkan secara bertahap akan terus dilakukan untuk memberangkatkan seluruh jamaah se-Indonesia yang sempat tertunda”, pungkasnya.-IBA-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya