HTTP Status[404] Errno [0]

Anggota DPRD Soroti Pungli Retribusi Sampah

05 March 2018 21:14
Anggota DPRD Soroti Pungli Retribusi Sampah
Kadis Lingkunga Hidup dan Kehutanan Ir.Andi Misbawati Wawo, MP
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kadis Lingkunga Hidup dan Kehutanan Ir.Andi Misbawati Wawo, MP

BugisPos.- Sesuai target yang diberikan Dinas Lingkungan dan Kehutanan tahun 2018, sebesar Rp 700 juta, namun hingga memasuki awal Maret tahun ini, capaian atau realisasi pemasukan retribusi sampan masih berada pada kisaran 8 persen atau sebesar Rp.43 juta.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir.Andi Misbawati Wawo, MP saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi C DPRD Bulukumba, Senin (5/3) di ruang Komisi C, dipimpin ketuanya H.A.Pangerang.

Mendengar informasi realisasi pemasukan retribusi sampah, spontan anggota Komisi C angkat bicara. Seperti dilontarkan Andi Tenri Allang anggota Komisi C, menurutnya, seharusnya realisasi pemasukan retribusi sampah sudah bisa berada pada kisaran Rp.50 jutaan. ” Kenapa hingga memasuki Maret tahun ini, realisasi pemasukan retribusi sampah belum cukup Rp.50 juta,” tanya Andi Tenri.

Pada kesempatan itu, Andi Misbawati mengungkap salah satu penyebabnya, karena ada oknum ASN di kantornya yang melakukan pungutan retribusi sampah tanpa didukung surat tugas, dan hasil pungutannya, tidak disetor ke Kas Daerah.

” Mohon maaf, realisasi pemasukan retribusi sampah hingga awal Maret ini, memang masih rendah yaitu Rp. 43 juta atau sekitar 8 persen. Perlu kami laporkan, di kantor kami ada oknum ASN yang melakukan pungutan liar, ASN tersebut ikut menagih di pemilik toko yang nilai retribusinta Rp.50.000.- per bulan. Padahal oknum tersebut bukan petugas penagih retribusi sampah, makanya oknum ASN tersebut kami laporkan ke Inspektorat,” ungkap Andi Misba sambil menyebut jumlah dana yang ditarik di sejumlah pemilik toko mencapai kurang lebih Rp.5 jutaan.

Bahkan katanya, oknum ASN itu, berani melakukan penagihan mulai bulan Januari hingga Desember 2018 di sejumlah pemilim toko. Bukti pungutan oknum ASN tersebut sudah kami kantongi dan sebelumnya oknum ASN itu sudah pernah saya panggil untuk klarifikasi, tetapi oknum itu tetap menyangkal. Makanya persoalan ini terpaksa saya laporkan ke Inspektorat,” terang Andi Misba sambil menambahkan, dia sudah menyampaikan kepada kepala BKPSDM agar oknum ASN tersebut segera ditarik dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu Andi Tenri Allang, tetap meminta kepada Kadis Lingkungan Hidup, agar oknum ASN yang melakukan Pungli segera ditindak agar ulahnya tidak terus berlanjut. ” Oknum.ASN yang melakukan pelanggaran, harus segera ditindak, apalagi kalau sudah berani melakukan pungli, tidak boleh kita tolerir,” tegas politisi partai Demokrat ini.- Suaedy.-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya