HTTP Status[404] Errno [0]

Hari Darmawan yang Aku Kenal

11 March 2018 20:47
Hari Darmawan yang Aku Kenal
Bachtiar Adnan Kusuma menyerahkan buku tentang Hari Darmawan yang ditulisnya
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Oleh : Bachtiar Adnan Kusuma

Bachtiar Adnan Kusuma menyerahkan buku tentang Hari Darmawan yang ditulisnya

BugisPos — Pada tahun 2000-an, kami bertemu dengan Hari Darmawan, tepat pukul 10.00 pagi di Matahari Departemen Store, Pluit Mall Jakarta Utara. Saat itu, Hari baru saja memimpin pertemuan dengan seluruh karyawan Matahari, dilanjutkan doa bersama.

Apa yang menarik dari Hari Darmawan? Yang jelas nyaris seluruh kota besar di Indonesia, mudah dijumpai toko Matahari. Makanya, pada 1998, Matahari menargetkan laba bersih Rp 121 miliar dengan penjualan Rp 2,9 triliun, namun dihalau krisis moneter, omzetnya menurun 10-20 persen.

Hari yang pernah menjadi guru les nyanyi dan mencari nafkah demi menyambung hidup. Hari juga pernah berjualan beras di Makassar. Kedua orang tuanya mendorongnya agar hidup berdikari. Ia menikah di usia 19 tahun.

Dan bersama istrinya, Hari menempati ruangan kecil di atas toko berpapan nama Mickey Mouse seluas 180m2. Kondisi hidupnya sangat mengenaskan.

” Kadang saya tak punya uang, miskin sekali rasanya,” kata Hari kepada aku tatkala mewawancarainya untuk penulisan sebuah buku.

Akhirnya, Hari merintis kariernya sebagai Raja Retail pertama di Indonesia. Dan sebuah lembaga dunia menghargai Hari sebagai pengusaha yang patut menjadi contoh. Hari orang pertama memangku posisi puncak President Intercontenental Group of Departement Store pada 1995-1997.

Hari adalah tokoh keturunan yang sangat fasih berbahasa Makassar. Ia selalu bangga disebut dengan panggilan” Daeng Hari”. Selamat jalan Hari Darmawan, sosok pengusaha yang amat sederhana.

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya