HTTP Status[404] Errno [0]

Manaurus, Limbah Medis Dibiarkan Membusuk

19 March 2018 18:14
Manaurus, Limbah Medis Dibiarkan Membusuk
terlihat limbah medis dibiarkan menumpuk di sekitar pelayanan kesehatan ini. Seperti di Puskesmas Kecamatan Manggarabombang Kabupaten Takalar, yang dibiarkan menumpuk dan membusuk
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Terlihat limbah medis dibiarkan menumpuk di sekitar pelayanan kesehatan ini. Seperti di Puskesmas Kecamatan Manggarabombang Kabupaten Takalar, yang dibiarkan menumpuk dan membusuk

BugisPos — Sampah, khususnya limbah medis, mesti dikelola dengan baik. Pasalnya bakal berdampak pencemaran lingkungan dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Namun tidak demikian dengan kondisi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Takalar. Di sejumlah Puskesmas, terlihat limbah medis dibiarkan menumpuk di sekitar pelayanan kesehatan ini. Seperti di Puskesmas Kecamatan Manggarabombang Kabupaten Takalar, yang dibiarkan menumpuk dan membusuk.

Kepala Puskesmas Mangngarabombang, Muh Irwan SKM.M.SI menjelaskan bahwa limbah medis yang ada di puskesmas menumpuk karna mobil pengangkut dari PT mitra hijau tidak kunjung datang.

“Saya juga tidak tahu apa kendalanya (PT Mitra Hijau), soalnya Dinas Kesehatan yang menaungi (menangani sampah) semua Puskesmas” kata Irwan saat ditemui di ruangannya, Senin 19 Maret 2018.

Dikonfirmasi di ruangannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, Dr Nilal Fauziah M.KES menjelaskan bahwa “limbah medis yang ada di semua puskesmas di kabupaten Takalar itu akan di angkut oleh PT Mitra Hijau.

‘ Saya sudah telfon dan katanya menunggu jadwal dari rumah sakit umum Takalar.” Elak Nilal.

Sementara, Nurmiati bagian sanitasi Rumah Sakit Umum Pajonga Daeng Ngalle Takalar mengungkapkan pengangkutan limbah medis tidak ada masalah.

“Terkait limbah medis yang ada di Rumah Sakit Umum Haji Pajonga Daeng Ngalle, semua tidak ada masalah hampir tiap bulan limbah tersebut di angkut dan kadang tidak sampai satu bulan kalau limbah sudah menumpuk kita telfon pt mitra hijau untuk di angkut dan di musnahkan”, bebernya.

Salah seorang sumber di Dinas Kesehatan mengungkapkan penumpukan sampah medis bukan hanya di Puskesmas Mangngarabombang, tapi hampir semua puskesmas di Takalar salahsatu diantaranya adalah Puskesmas Galesong Utara. Ironisnya tidak hanya itu, bahkan Puskesmas Pembantu (Pustu) juga abai pengelolaan sampah, seperti di Pustu Pattopakan, Pustu Polsek, Pustu Bontokassi, Pustu Bulukunyi, Pustu Ko’mara,Pustu Towata dan Pustu Bontomarannu.

Penulis : Lira

Editor : Ali

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya