HTTP Status[404] Errno [0]

Kepala Balmon Buka Unar Di Bira

25 March 2018 21:02
Kepala Balmon Buka Unar Di Bira
Kepala Balai Komunikasi Distiawan menerima berkas soal dari kepala SDPPI pusat Budi Cahyono
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kepala Balai Komunikasi Distiawan menerima berkas soal dari kepala SDPPI pusat Budi Cahyono ( Suaedy Lantara )

BugisPos.- Ujian Negara Amatir Radio, ( Unar) Minggu (25/3) dibuka Kepala Balai Monitor Distiawan, dihadiri Wakil Ketua Orda Sulsel H.Rusli Baso Amir, dari SDPPI pusat Budi Tjahyono, Salam dari Balai Monitor ( Balmon ) sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana Unar, ketua Orari Lokal Bulukumba H.Patudangi dan sejumlah pengurua Orari Lokal di Sulsel.

Unar yang pertama kali di laksanakan di 2018 ini, diluar ibu kota Provinsi Sulsel, diikuti 151 orang peserta terdiri 129 Siaga ( Delta) 17 orang Penggalang ( Charlie ) dan 5 orang Penegak ( Bravo) yang kesemuanya di laksanakan di Bira Bulukumba.

Dari jumlah peserta Unar, sebagian berasal dari Soroako, Malili, Takalar, Sinjai dan beberapa daerah lainnya di Sulsel, bahkan satu orang berasal dari Jakarta Selatan.

Sebelum Unar dimulai, Wakil Ketua Orda Sulsel H.Rusli Baso Amir menyampaikan, awalnya Unar ini direncanakan dilaksanakan di Makassar atau Sinjai dan Soppeng. Tetapi kata H.Rusli, ketika Ketua Orda Sulsel Syharul Yasin Limpo melakukan kunjungan ke Bulukumba, saat itu Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali meminta kepada ketua Orda agar kegiatan Rakerda ORDA Sulsel dilaksanakan di Bira, sekaligus Unar, sehingga diputuskan Rakerda dan Unar dipusatkan di Bura Bulukumba, dan satu kesyukuran peserta Unar cukup banyak.

” Alhamdulillah amatir radio di Bulukumba sangat antusias, terbukti jumlah peserta cukup banyak dan hal tersebut tidak terlepas dari dukungan Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali terhadap Orari,” jelas Rusli sekaligus meminta kepada Kepala Balmon agar memberi kemudahan kepada peserta Unar.

Sementara itu Ketua Balmon Distiawan dihadapan peserta Unar mengaku bangga melihat animo amatir radio di daerah ini mengikuti Unar ini sangat besar, terbukti jumlah pesertanya cukup banyak.” Seandainya jari tangan saya ada 11, maka saya berikan 11 jari untuk Bulukumba,” katanya yang baru menjabat kepala Balmon di Makassar.

Ketua Balmon menitip pesan kepada seluruh amatir radio, agar selalu memperhatikan seluruh ketentuan yang ada, khususnya berkaitan penggunaan frekwensi. ” Ingat, bukan hanya amatir radio yang menggunakan frekwensi, penerbangan juga menggunakan frekwensi, jadi jangan sampai amatir radio mengganggu frekwensi penerbangan, ingat itu,” tegas Distiawan.

Budi TjahyonoTjahyono dari SDPPI pusat yang membawa lembaran soal Unar, juga menyanpaikan, agar seluruh peserta mengerjakan soal Unar dengan baik. Selain itu, diharapkan agar tetap mentaati peraturan yang ada, karena katanya meskipun nanti peserta sudah memiliki KTA / Lisensi atau izin menggunakan frekwensi, jika melanggar aturan sesuai Peraturan Menteri Kominfo nomor 33 tahun 2009, maka izin atau KTA bisa dicabut.

Menyinggung soal ketentuan teknis dalam Permen no 33 tahun 2009 pasal 35, Budi Cahyono menyebutkan Daya pemancar adalah daya efektif yang dicantumkan ke antena.

Budi menjelaskan untuk daya pemancar maksimum yang diizinkan bagi setiap tingkatan amatir radio untuk pemula maksimal 50 watt, Siaga pada puta frekwensi radio dibawah 30 MHz maksimal 100 watt, diatas 30 MHz maksimal 75 watt.

Kemudian bagi Penggalang pada pita frekwensi radio dibawah 30 MHz maksimal 500 watt, diatas 30 MHz maksimal 200 watt. Sedangkan untuk Penegak pita frekswensi dibawah 30 MHz maksimal 1000 watt dan diatas 30 MHz maksimal 500 watt.

” Jika amatir radio melanggar ketentuan tersebut, maka izinnya bisa dicabut. Untuk itu saya minta teman teman amatir radio agar tetap berada pada ketentuan yang ada,” harap Budi.

Senada disanpaikan ketua panitia Salam dan Ketua Orlok Bulukumba H.Patudangi, menjadi amatur radio bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga bekerja sosial dan membantu pemerintah khususnya sektor komunikasi. Meski begitu, seluruh amatir radio diminta untuk menghormati dan tunduk pada aturan yang ada.- Suaedy.-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya