HTTP Status[404] Errno [0]

Surga Kecil di Maros

25 March 2018 18:19
Surga Kecil di Maros
Keajaiban alam di Rammang-Rammang memang sangat indah.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Laporan perjalanan wisata Aika Alia Darussalam ( ketua KPAI DPW Pekat IB Sulsel )

Keajaiban alam di Rammang-Rammang memang sangat indah.

BugisPos — Keajaiban alam di Rammang-Rammang memang sangat indah. Untaian Karst (pegunungan kapur) merupakan bentuk bentang alam khas yang terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (batuan mudah terlarut), sehingga menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik dengan ciri exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).

Ternyata, karst terbesar ketiga di dunia ada di Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, setelah China Selatan dan Vietnam.

APA ARTI RAMMANG-RAMMANG?

Kata Rammang-Rammang berasal dari Bahasa Makassar, yaitu sekumpulan awan atau kabut. Terlihat dari kondisi Rammang-Rammang yang selalu berkabut setiap paginya, bahkan di setiap musim apa pun. Yang membuat Rammang-Rammang terkenal adalah adanya pegunungan karst yang mengitari wilayah ini, baik di sisi darat maupun sungainya. Kondisi lingkungan tersebut membuat pemandangan Rammang-Rammang begitu indah dan eksotik.

TEMPAT WISATA YANG LENGKAP!

Wisata Rammang-Ramang menawarkan 3 traveling awal yang cukup mengesankan, diantaranya :

1. Perjalanan Awal di Sungai Pute

2. Rumah tradisional yang ada di tepian sungai Pute

3. Perjalanan membelah bukit batu sebelum tiba di Kampung Berua

Wisata Kampung Berua

Rammang-Rammang menawarkan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Telaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, Telaga Bidadari, dan Kampung Berua. Biasanya, yang paling sering dikunjungi adalah Kampung Berua. Kamu bisa ke sana dengan menaiki perahu motor kecil menyusuri aliran Sungai Pute. Perjalanan dimulai dari Dermaga Rammang-Rammang di hulu Sungai Pute.

Sungai Pute

Sungai Pute adalah sungai yang membelah dua pegunungan kapur Rammang-Rammang. Pute sendiri diambil dari bahasa makassar yang berarti putih. Sungai inilah yang menjadi jalan utama yang akan membawa kami ke destinasi-destinasi yang ada di seputar kawasan Karst Rammang-Rammang.

Kampung Berua termasuk tempat wisata yang jauh dari keramaian karena jalan masuk satu-satunya ke kampung tersebut hanya melalui Sungai Pute. Sepanjang perjalanan menyusuri Sungai Pute, kamu akan menemui gugusan bukit karst, hutan daun nipah, dan tanaman bakau air payau.

Selain Kampung Berua, tentu aja kamu harus melihat karst terbesar ketiga di dunia tersebut! Pegunungan karst-nya tampak begitu megah dan ditumbuhi tumbuhan subur. Sekilas, pemandangan tersebut agak mirip dengan Krabi di Thailand. Bedanya adalah karst di Kabupaten Maros ini berlokasi di tengah hamparan sawah dan Sungai Pute. Sedangkan Krabi berlokasi di tengah lautan. Bagian bawah karst tersebut mirip dengan tekstur batu karang jika dilihat dari dekat.

Tips agar wisata di Rammang-Rammang begitu nyaman dan memuaskan adalah dengan berkunjung ke Rammang-Rammang pada pagi hari sangat cocok untuk menikmati sunset. Jika ingin puas menjelajah kawasan itu dan nggak ketinggalan sunset, tentu aja kamu harus datang lebih pagi.Siapkan uang tunai untuk sewa perahu.Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar kamu bisa trekking sekitar pegunungan kapur dengan nyaman.Siapkan fisik yang kuat dan sehat. Sebelum menuju Rammang-Rammang, kamu bisa beristirahat yang cukup dan berolahraga agar Pakailah topi dan sunblock. Jika kamu trekking di siang hari, udara pasti akan sangat panas! Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, jangan lupa gunakan sunblock dan topi.

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya