HTTP Status[404] Errno [0]

Kasasi KPU Makassar Siap Disidangkan

03 April 2018 17:46
Kasasi KPU Makassar Siap Disidangkan
Tim pengacara KPU Makassar seusai mengajukan memori kasasi di MA
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Tim pengacara KPU Makassar seusai mengajukan memori kasasi di MA

BugisPos, Makassar – Memori kasasi yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) untuk menjaga marwah KPU terkait dipermasalahkannya keputusan KPU mengenai penepatan salah satu pasangan calon yang bertarung dalam pemilihan walikota Makassar periode 2018-2023, Selasa 3 April 2018 diterima oleh Mahkamah Agung untuk disidangkan.

Kabar ini diterima dari salah satu tim pemenangan pasangan calon nomor urut 2 yang bertagline “DIAMI”, Djusman AR yang hadir pada hari ini di Mahkamah Agung yang menyampaikan kabar tersebut lewat grup whatsapp.

Dengan diterimanya memori kasasi oleh Mahkamah Agung, Marhumah Majid selaku Ketua KPU Makassar optimis KPU Makassar akan menang dalam kasus ini.

Optimisme ketua KPU Makassar ini bukan tanpa alasan, pasalnya menurut Marhumah PT-TUN sebagai pihak yang menerima gugatan dari salah satu kandidat pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar Munafri Arifuddin (Appi) dan Rahmatika Dewi (Cicu) tidak memiliki kewenangan untuk mengajukan gugatan berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Dan menurut ketua Sahabat Danny Pomanto (SDP), Usdar Nawawi, PT-TUN sebagai lembaga peradilan hanya memiliki kewenangan untuk mengadili pasangan calon yang digugurkan oleh KPU, bukan sebagai pihak yang menggugat pasangan calon.

Sementara tim hukum pasangan calon yang dikenal dengan sebutan Appi-Cicu sebagai pihak yang melaporkan perkara tersebut ke PT-TUN untuk ditindaklanjuti hanya boleh melakukan gugatan sampai di Badan Pengawas Pemilu (bawaslu).

Dan terkait hal ini, seharusnya PT-TUN yang tidak memiliki kewenangan untuk melaporkan pasangan calon menolak gugatan yang dilayangkan oleh tim hukum Appi-Cicu.

“PT-TUN hanya berwenang mengadili bila paslon digugurkan oleh KPU, kalau kasus gugatan Appi-Cicu hanya boleh sampai bawaslu dan final. Harusnya PT-TUN menolak gugatan Appi-Cicu”, jelas Usdar Nawawi yang juga sebagai piminan redaksi bugispos.com dan koran Inspirasi Rakyat.-IBA-

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya