Inovasi  Satu untuk Semua di Disdukcapil

07 January 2019 20:15
Inovasi  Satu untuk Semua di Disdukcapil
Aryani Puspa

BugisPos – Memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat adalah harga mati bagi semua OPD yang ada di kota Makassar, termasuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar. Hal ini sudah menjadi komitmen bersama di bawah kepemimpinan Walikota Makassar Danny Pomanto.

Terkait hal itu, Disdukcapil kota Makassar di yang kini dinakhodai Aryani Puspa mencanangkan program sistem “Satu untuk Semua’ yang akan diterapkan mulai Senin, 7/1/19.

Ini diungkapkan Kadis Dukcapil Makassar Aryani Puspa kepada media Sabtu 5/1/19. Aryani menjelaskan sistem Satu untuk Semua merupakan sistem pelayanan baru, dimana masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan disediakan sepuluh loket, yang terintegrasi secara on line, satu diantaranya diperuntukkan khusus bagi Difabel, orang tua, ibu hamil, serta ibu ibu yang membawa bayinya.

“Selama ini masyarakat yang ingin mengurus surat surat kependudukan dilayani oleh loket yang berbeda beda, namun dengan sistem layanan satu untuk semua, satu loket saja bisa melayani beberapa dokumen kependudukan. dan untuk memudahkan pelayanan bagi penyandang difabel, ibu hamil, serta ibu yang membawa bayinya kita sediakan loket khusus bagi mereka,” katanya.

Menurutnya sistem pelayanan ini memberikan layanan dalam satu loketnya dengan 3 IN 1 berupa akte kelahiran, kartu keluarga baru dan Kartu Identitas Anak secara otomatis akan langsung dicetak.

Demikian pula dengan pelayanan 2 in 1 loket ini akan memberikan layanan pengurusan surat kematian, yang secara bersamaan mencetak surat kematian dengan kartu keluarga.

“Sistem ini dibuat dalam memudahkan masyarakat tidak antri beberapa kali untuk urusan dokumen yang berbeda. Cukup antri satu kali, semua kebutuhan dokumen dapat selesaidisatu loket saja,” kata Aryani (**)

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya