HTTP Status[404] Errno [0]

Fahyuddin, Jalan Panjang yang Berliku

12 January 2019 18:44
Fahyuddin, Jalan Panjang yang Berliku
Fahyuddin, Ap, MH

BugisPos — Fahyuddin, Ap, MH, pria kelahiran Ujung Pandang 24 April 1975 ini, kini menjabat Camat Tamalate kota Makassar. Sudah menjadi takdirnya Fahyuddin menduduki kursi orang nomor satu di kecamatan Tamalate kota Makassar. Berawal dari menjabat Sekcam Tamalate, lalu dipercaya oleh Walikota Moh Ramdhan Pomanto menjabat Plt Sekcam Tamalate, lalu pada akhirnya dia dilantik secara defenitif menjabat Camat Tamalate. Terlihat memang sebagai suatu proses yang indah pada waktunya.

Garis tangan Fahyuddin, sama dengan takdir beberapa Sekcam lainnya di kota Makassar pasca Pilwali 2018 yang lalu. Misalnya Sekcam Manggala, Makassar, Ujung Tanah, Panakkukang, dan yang lainnya.

Mereka semua mendapatkan kepercayaan dari Walikota untuk memimpin pemeritah kecamatan. Dan tentu saja beban tanggung jawab sebagai Camat bukanlah hal yang ringan dan gampang. Beban tanggung jawab di pundak demikian berat dan beresiko. Namun semua itu mesti dijalani sebagai ASN yang mendapatkan tugas dari Walikota Makassar.

Namun, tentu saja bukan sekadar nasib menjadi Camat, tetapi Fahyuddin sepanjang kariernya di pemerintahan, punya proses melewati jalan panjang dan berliku, yang entah endingnya di mana. Yang pasti, Fahyuddin punya prinsip bekerja dan bekerja dengan tulus ikhlas mengemban tugas negara dalam konteks pelayanan kepada masyarakat.

Bagi Fahyuddin, bekerja dengan ikhlas akan sangat berarti bagi orang lain yang mendapatkan dampak positif dari hasil kerja itu. Dan itu adalah bagian penting dari dinamika kehidupan yang tentu tak lepas dari nuansa amaliah sebagai wujud dari tugas kehidupan yang bernama habluminannas. Dalam pandangan hidup Fahyuddin, inti dari kehidupan ini adalah habluminallah dan habluminannas.

Keseharian, Fahyuddin dalam memimpin sejumah bawahan hingga di tingkat kelurahan termasuk jajaran RT RW dan segenap Penasehat Walikota yang ada di Kecamatan Tamalate, punya gaya yang santai tapi tegas dalam menjalankan program, inovasi, sesui aturan dan komitmen. Aturan mesti jalan sesuai apa adanya, namun sebagai kepala pemerintahan kecamatan, sikap bijaksana juga tak bisa dikesampingkan bila tujuannnya untuk kesejahteraan dan rasa adil bagi masyarakat.

Pemeluk agama Islam yang taat ini, kini berpangkat /golongan Pembina/IV.a. Jabatan yang pernah dia pegang, yakni :

  1. Sekcam Batu Putih Kab. Kolaka Prov Sulawesi Tenggara tahun 1999 – 2003.
  2. Sekcam Latambaga Kab. Kolaka Prov Sulawesi Tenggara tahun 2003 – 2005.
  3. Lurah Lette Kec Tamalate kota Makassar tahun 2006 – 2012.
  4. Lurah Mattoangin Kec Tamalate tkota Makassar ahun 2013 – 2016.
  5. Sekcam Tamalate kota Makassar tahun 2016-2018
  6. Plt Camat Tamalate kota Makassar tahun 2018
  7. Camat Tamalate kota Makassar tahun 2018 sampai sekarang.

Riwayat Pendidikan

  1. TK Kartika Wirabuana.
  2. SD Alhilal Ambon.
  3. SMP NEG 6 AMBON.
  4. SMA PGRI 3 AMBON.
  5. STPDN JATINANGOR.
  6. MAGISTER HUKUM UMI

Keluarga

Fahyuddin dalam menjalani bahtera rumah tangga, mempersunting kekasih tercinta, Sunarti Fahyuddin. Dari rumah tangga bahagia ini kemudian lahir anak-anak yang cerdas, taat beragama dan hormat pada orang tua. Mereka adalah 1. Yulia Fachrunnisa, lahir tanggal 4 Juli 2000 (17 tahun dan sudah Mahasiswa) 2. Muh. Alif Fauzan Syah, lahir tanggal 8 Juni 2002 (16 tahun, pelajar) 3. Muh. Rayhan Fahrizal Yusuf, lahir tanggal 9 Juli 2003 (15 tahun, pelajar).

Bagi Fahyuddin, rumah tangga yang harmonis bersama anak-anak yang penuh cinta dan kasih sayang, merupakan pemicu kekuatan dan semangat dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat. Sugesti lingkungan keluarga sakinah mawaddah dalam rumah tangga Fahyuddin telah menjadi penyemangat luar biasa dalam menjalankan aktivitas keseharian, baik di lingkup tugas kedinasan, maupun dalam konteks kehidupan bermasyarakat. (Usdar Nawawi)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya