Perangkat Desa akan Diberikan Penghasilan Setara ASN Golongan 2A

14 January 2019 20:02
Perangkat Desa akan Diberikan Penghasilan Setara ASN Golongan 2A
Persatuan Perangkat Desa

 

BugisPos – Istora Senayan Jakarta, pagi tadi, Senin, 14 Januari 2019 dipenuhi oleh ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang khusus datang ke ibukota Jakarta.

Perangkat desa yang tergabung dalam PPDI ini telah lama menuntut pemerintah dalam hal pemberian penghasilan tetap kepada perangkat desa.

Tuntutan mereka agar para perangkat desa mendapatkan penghasilan setara Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan 2A akhirya dipenuhi oleh Pemerintah Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memutuskan perangkat desa akan diberikan penghasilan setara ASN golongan 2A dengan mempertimbangkan masa kerja.

Selain diberikan penghasilan setara ASN golongan 2A, para kepala desa dan perangkat desa di seluruh Indonesia akan mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS kesehatan.

Untuk penyetaraan penghasilan ini, Jokowi meminta para perangkat desa menunggu revisi PP Nomor 43 dan 47 Tentang Perangkat Desa dan Keuangan Desa.

“Peraturan pemerintah tentang hal ini segera direvisi, dan mudah-mudahan sudah bisa dikeluarkan dalam dua pekan ini”, ujar Jokowi dalam sambutannya.

Saat memberikan sambutan kepada seluruh perangkat desa, Jokowi sempat menyinggung soal rencana demo para perangkat desa yang menuntut tuntutannya dipenuhi.

“Mengenai Bapak, Ibu, kemarin saya dengar dan diberitahu, kan sudah selesai dibicarakan Menkeu, Mendagri, Menpan. Sudah rampung, kok Senin masih mau demo?” tanya Jokowi, disela-sela sambutannya.

Aparat desa yang hadir pun segera menimpali, ” bukan demo, silaturahmi!”, teriak aparat Desa.

“Sebentar, itu yang saya dengar sehingga saya sampaikan, enggak usah demo depan Istana, ini musim hujan. Saya sampaikan, sudah kita terima saya terima sendiri tapi di Istora,” lanjut Jokowi disertai senyum optimis yang menghiasi wajahnya, yang disambut gemuruh tepuk tangan perangkat desa. -ST-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya