HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota Makassar Himbau Semua Instansi di Kota Makassar Sigap Hadapi Bencana

22 January 2019 20:40
Walikota Makassar Himbau Semua Instansi di Kota Makassar Sigap Hadapi Bencana

BugisPos – Hujan yang terus mengguyur kota Makassar dan sekitarnya pada hari ini, Selasa, 22 Januari 2019 menyebabkan beberapa wilayah tergenang banjir akibat luapan sungai dan selokan-selokan yang tidak dapat menampung banyaknya air hujan.

Dari pantauan laporan aplikasi satelit Meteo Earth dan Aplikasi Air Pasang diperkirakan risiko bencana banjir makin tinggi hingga malam nanti, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, Walikota Makassar, Danny Pomanto segera mengambil sikap.

Danny Pomanto menginstruksikan kepada Camat dan Lurah untuk segera menyebar ke lokasi bencana dan segera mengarahkan warga yang bermukim di wilayah bencana tanpa terkecuali untuk mengungsi di tempat yang aman.

Camat dan lurah diperintahkan untuk segera berkoordinasi dengan SKPD terkait. Sementara itu, sekretaris camat dan lurah setiap 2 jam sekali diperintahkan untuk segera memberi laporan dalam bentuk data terukur dan lengkap di grup whatsapp “Makassar Siaga Bencana 2019”.

Untuk penanggulanan bencana, seluruh sumber daya di tiap-tiap kecamatan dikerahkan untuk segera membuka posko bencana 24 jam dan segera membuka grup “Makassar Siaga Bencana 2019”.

Dany Pamanto juga memerintahkan dinas-dinas terkait, diantaranya dinas PU, Sosial, Kesehatan, Infokom, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Pendidikan, DP3, Pemadam Kebakaran, BPBD, dan pihak-pihak terkait untuk bersama bergerak cepat dalam menanggulangi bencana.

Dinas PU diperintahkan untuk memobilisasi semua truk PU yang ada untuk membantu evakuasi masyarakat ke tempat pengungsian dan mengerahkan semua anggotanya untuk membantu penanganan bencana di semua wilayah Makassar.

Dinas sosial diinstuksikan untuk mendistribusikan semua jenis bantuan yang dibutuhkan masyarakat baik yang berasal dan pemerintah kota Makassar maupun yang berasal dari bantuan masyarakat.

Dinas kesehatan dihimbau untuk segera menurunkan tim kesehatan 24 jam di semua titik bencana dan mendistribusikan obat dan vitamin yg dibutuhkan masyarakat .

Sementara itu, BPBD diperintahkan untuk segera melakukan tindakan cepat dan membagi tim di semua lokasi bencana dengan membawa peralatan yang lengkap.

Dinas Infokom harus segera melakukan pemantauan dengan CCTV dan menintegrasikan semua informasi kebencanaan real time termasuk memantau informasi kondisi bendungan Bili-Bili di Gowa.

Dinas perhubungan dikerahkan untuk segera mengatur lancarnya transportasi bantuan khususnya di wilayah bencana dan di semua jalan jalan di Kota Makassar, serta segera berkoordinasi dengan semua pihat terkait.

Satpol PP juga diperintahkan untu segera turun ke lokasi bencana untuk memantau pengungsian terkhusus di wilayah bencana yang sedang atau kemungkinan akan terjadi bencana, seperti di wilayah sepanjang kanal, sepanjang Sungai Jeneberang dan Tallo, serta di daerah langganan banjir.

Dinas Pemadam Kebakaran dan dinas Kelautan dan Perikanan, serta DP3 juga diperintahkan oleh Walikota Makassar untuk segera mengerahkan semua anggotanya dengan membawa semua peralatan yang ada untuk segera membantu di wilayah bencana selama 24 jam.

Selanjutnya, untuk dinas Pendidikan, Danny Pomanto memerintahkan untuk meliburkan sekolah-sekolah jika banjir makin besar untuk mencegah adanya korban bencana dan menugaskan kepada pihak sekolah untuk segera mengamankan properti sekolah.

Danny Pomanto juga menghimbau kepada Kabag Kesra kota Makassar untuk segera berkoordinasi dengan semua alim ulama, para pendeta, dan pemuka agama lainnya untuk memimpin doa bersama masyarakat agar kota Makassar terhindar dari bencana yang lebih besar. -ST-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya