HTTP Status[404] Errno [0]

Jangki Pandang Enteng Penyakit Kutu Air

20 June 2019 02:24
Jangki Pandang Enteng Penyakit Kutu Air
dr Naisyah Tun Azikin

BugisPos – Penyakit kutu air agaknya tak bisa dipandang enteng. Penyakit ini mudah hinggal ke masyarakat terutama di musim hujan.

Saat musim penghujan tiba, memang berbagai masalah kesehatan mulai berdatang. Salah satu yang harus diantisipasi adalah penyakit kutu air yang mengintai kaki.

Di musim penghujan, kaki akan lebih sering basah dan lembab sehingga rentan terkena kutu air. Penyakit ini yang disebabkan jamur ini biasanya berada di sela-sela jari kaki

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah T Azikin mengatakan, kutu air ini dapat diobati dengan krim antijamur, yang bisa didapatkan di apotek atau toko obat seperti, Lotrimin (clotrimazole), Micatin (miconazole), dan Lamisil (terbinafine).

“Kaki yang terkena kutu air di telapak kaki, akan terlihat memutih, kering, kemerahan, bersisik, lembap, pecah-pecah, gatal-gatal, sakit dan melepuh,” jelasnya, Minggu, 27/1/19.

Namun begitu, dari pada mengobati, dr Naisyah mengatakan lebih baik mencegah terjadinya kutu air. Seperti beberapa cara berikut:

  1. Usahakan agar kaki selalu kering, karena jamur biasa tumbuh di daerah yang hangat dan lembab seperti dalam sepatu.
  2. Rutin cuci kaki dengan air bersih dan sabun setiap kali selesai beraktivitas di luar ruangan. Pastikan juga untuk benar-benar mengeringkan kaki setelah dicuci.
  3. Jangan memakai sepatu yang basah atau lembap, segera ganti sepatu saat terkena air hujan, dan mengeringkannya dengan benar sebelum menggunakannya kembali.
  4. Gunakan sepatu berbahan alami, agar kaki dapat bernapas. Gunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit dan gunakan kaus kaki berbahan katun.
  5. Usahakan untuk tidak saling meminjam handuk, sepatu, dan kaus kaki dengan orang lain yang memiliki kutu air. Biasanya, jamur bisa berpindah lewat barang yang digunakan secara bersamaan (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya