HTTP Status[404] Errno [0]

Saat Harga Ikan Melonjak di Pelelangan

22 September 2019 19:33
Saat Harga Ikan Melonjak di Pelelangan
Tempat Pelelangan Ikan Jl.Rajawali Makassar

BugisPos – Dalam setiap tahun memang ada saat-saat dimana harga ikan melambung tinggi. Hal itu disebabkan karena cuaca butuk sehingga nelayan tak berani turun melaut.

Kondisi harga ikan laut mengalami kenaikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Makassar meski kondisi cuaca beberapa kemudian cuaca mulai berangsur-angsur normal.

Salah satu Ketua Kelompok Nelayan di TPI Paotere, H Idrus mengatakan, harga ikan mengalami peningkatan 20 hingga 50 persen. Seperti Ikan Katombo saat ini mencapai Rp100 ribu per 30 ekor yang sebelumnya hanya seharga Rp50 ribu.

“Kalau harga ikan sekarang di Paotere naik 20 persen. Itu sekitar Rp70 ribu sampai Rp100 ribu per keranjang (30 ekor),” akunya, Senin (28/01/2019).

Kenaikan harga ikan kata dia disebabkan oleh aktifitas melaut sejumlah nelayan yang sempat terhenti beberapa hari belakangan ini saat cuaca ekstrim melanda seluruh perairan di Sulsel.

Di samping itu, mesin perahu para nelayan juga mengalami kerusakan. Olehnya itu, dia berharap adanya bantuan dari pemerintah kepada para nelayan termasuk bantuan sembako lantaran selama seminggu mereka tidak memiliki penghasilan.

“Belum ada bantuannya pemerintah, kalau bisa kita bantu sampaikan agar bisa dapat bantuan. Kasian kita ini nelayan baru melaut tadi,” pungkasnya.

“Kalau bantuan untuk pergi melaut itu kita butuh mesin karena saat ini banyak mesin kapal mengalami kerusakan. Memang pernah ada bantuan mesin tapi lima tahun lalu,” tandas Idrus.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar, Zanty Susilawaty tak menampik adanya lonjakan harga ikan. Sebab, periode Januari ini merupakan cuaca ekstrim yang berdampak nelayan kurang melaut.

“Otomatis naik harga ikan, mengingat kondisi cuaca yang kurang baik khususnya para nelayan untuk melaut. Saya perhatikan di TPI mengalami lonjakan harga meski tidak terlalu tinggi,” sebut dia (adv)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya