HTTP Status[404] Errno [0]

Tim Dokter Periksa Kesehatan Pengungsi

31 January 2019 06:32
Tim Dokter Periksa Kesehatan Pengungsi
dr Naisyah Tun Azikin.

BugisPos – Dinas Kesehatan Makassar bukan hanya menangani kesehatan pengungsi musibah banjir di Makassar, tetapi juga ternyata sibuk membagikan makanan siap saji ke korban banjir misalnya yang ada di Biringkanaya

Tim Dinas Kesehatan Kota Makassar aktif memberikan pelayanan kesehatan bagi korban banjir di sejumlah titik pengungsian. Hal ini untuk mengantisipasi penyakit yang timbul saat cuaca buruk.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menyebutkan, beberapa penyakit bisa mewabah di lokasi pengungsian semisal diare, demam, flu dan batuk serta Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

“Sangat riskan, semua Puskesmas melakukan pemeriksaan khususnya daerah pengungsian karena rawan sekali tidur di pengungsian, itu semua dipantau setiap hari oleh petugas Dinas Kesehatan,” kata Naisyah, Sabtu (26/1/2019) lalu.

Di setiap Posko, Dinkes Makassar menempatkan dokter dan perawat. Tidak hanya itu, Ikatan Dokter Indonesia Makassar juga menurunkan dokter spesialis.

Menurut Naisyah yang juga sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Makassar, penanganan banjir di Kota Makassar ditangani secara terpadu oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkup Pemkot Makassar.

“Tidak ada yang dibilang bukan Tupoksiku atau apa, termasuk Dinas Arsip dan Perpustakaan semua berpartisipasi,” ujar Aisyah.

Naisyah menambahkan, semua SKPD menyiapkan makanan kepada pengungsi di semua lokasi pengungsian. Pasalnya, Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel hanya menyediakan dua dapur umum.

“Setiap hari itu ada giliran SKPD, saya (Dinas Kesehatan) juga dibantu IDI sebanyak 300 nasi dos itu dibagikan di lokasi pengungsian di Biringkanaya,” tutup Naisyah (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya