Apa Jeka, Pipa PDAM Makassar Pecah

08 February 2019 16:02
Apa Jeka, Pipa PDAM Makassar Pecah
Pipa induk utama PDAM Makassar  yang bocor di Jalan Beringin, Kabupaten Gowa (Humas PDAM Makassar/Idris Tahir)

BugisPos —  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar belakangan ini selalu dirundung masalah. Tak hanya di soal pelayanan pelanggan, tetapi juga di soal pipa air yang sering bocor.

Kali ini, pipa induk utama milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar diameter 600 mm di Jl.Beringin dekat Kantor Bupati Gowa mengalami kebocoran. Belum didapat konfirmasi sebab-musabab kebocoran tersebut, apakah karena pipanya yang sudah tua, ataukah ada sebab lain.

Pecahnya pipa penyuplai air dari instalasi V Somba Opu ini, menyebabkan distribusi air bersih mengalami gangguan penurunan debit air ke pelanggan PDAM di Kota Makassar.

“Pipa induk yang bocor ini adalah pipa suplai utama ke daerah Hertasning lewat Jembatan 2 menuju Kecamatan Manggala dan sekitarnya. Jadi banyak sekali daerah yang akan terganggu,” kata Direktur Tehnik PDAM Kota Makassar, Kartia Bado, Kamis (7/2/2019).

Kartia menyampaikan bahwa kondisi ini tentu sangat mempengaruhi tekanan air ke pelanggan sekitar lokasi Antang sampai perbatasan Gowa, diantaranya Jalan Hertasning Perumahan Graha Lestari, Angin Mammiri, Goysen, Minasa Upa Blok AB, Sofia Town House dan sekitarnya.

“Sedangkan di Manggala mulai dari Tritura, Kompleks Pemda, Ukhuwah, Makassar Indah, Pesona Prima Griya, Sampai ke Grand Aroepala, tekanan air akan drop,” terangnya.

“Kalau kebocorannya parah, tidak menutup kemungkinan jalur dari instalasi akan kita stop sementara selama pekerjaan dilaksanakan. Karena kita akan menggali menggunakan alat berat excavator, berhubung pipanya sangat dalam dan akan lama jika kita menggali secara Manual,” lanjutnya.

Kartia Bado menambahkan, bahwa rencananya pekerjaan dimulai Jumat besok (8/2/2019). “Semoga bisa secepatnya diselesaikan agar supply ke pelanggan bisa kembali normal,” harapnya.

Sementara Kabag Humas PDAM Makassar, Muh Idris Tahir, mengungkapkan kebocoran pipa induk tersebut baru terdeteksi setelah ada sinyal dari Instalasi V Somba Opu.

“Kalau tekanan mengalami Ketidakstabilan yang diindikasi ada kebocoran, dan ternyata betul pada saat ditelusuri ditemukan titik bocor pipa diameter 600mm di Gowa,” katanya.

Pihak PDAM Makassar menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan seluruh pelanggan. “Mohon doa semoga pekerjaan perbaikan cepat selesai,” pungkas Idris Tahir (**)

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya