Biar Sabtu Bukaji Disdukcapil Melayani KTP

11 February 2019 06:27
Biar Sabtu Bukaji Disdukcapil Melayani KTP
Suasana pelayanan Disdukcapil Makassar pada hari Sabtu

BugisPos —  Membludaknya masyarakat yang datang mengurus KTP di Disdukcapil Makassar Jl. ST. Alauddin Kompleks Teduh Bersinar No. 259 Kec. Rappocini dipadati antrian pengunjung, seperti yang terjadi pada Jumat (8/2/2019) siang, adalah bukti bahwa tingkat kesadaran warga untuk melengkapi data kependudukan mereka sudah sangat menggembirakan.

 

Masyarakat datang dan rela mengantri lama untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka. Dan mereka diingatkan agar tidak menggunakan jasa calon dalam urusan KTP dan KK.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Aryati Puspasari Abady mengatakan, jika nomor antrian diberikan mulai nomor 01 s/d 600 tiap hari sampai jam kerja selesai.

“Untuk antrian setiap hari kami keluarkan 500 sampai 600 khusus untuk perekaman dan pengambilan KTP. Itupun pelayanannya mulai jam 8 sampai jam 4 sore bahkan bisa sampai jam 5 sore,” kata Puspa panggilan akrabnya.

Ia juga mengakui jika kapasitas ruangan yang ada di kantor Disdukcapil sangat terbatas.

“Kapasitas ruangan pelayanan kami memang sangat terbatas, makanya antrian juga terbatas. Kendati demikian saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Makassar agar tidak mudah percaya terhadap calo”  kata Puspa.

Disampaikannya bahwa Disdukcapil juga membuka pelayanan di 15 kecamatan untuk melakukan perekaman, namun bagi masyarakat yang ingin langsung mengambil KTP-nya datang ke kantor Catatan Sipil dan Kependudukan saja. Kantor juga buka pelayanan sampai hari Sabtu.

“Khusus untuk pengambilan KTP langsung diambil di kantor Dukcapil dan langsung dilakukan aktifasi dengan menggunakan sidik jari atau retina mata. Untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat yang mengurus KTP, kami buka layanan di hari Sabtu khusus untuk pelayanan perekaman dan pencetakan KTP,” tutupnya (**)

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya