Dinsos Makassar Akan Dataki Warga Miskin Calon Penerima JKN-KIS

13 February 2019 23:23
Dinsos Makassar Akan Dataki Warga Miskin Calon Penerima JKN-KIS

 

BugisPos – Dinas Sosial (dinsos) kota Makassar akan mengadakan kegiatan pendataan masyarakat miskin calon peserta penerima jaminan kesehatan, pada hari Minggu, 17 Februari 2019 di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilakukan pemerintah kota Makassar untuk membantu masyarakat kurang mampu agar dapat memperolah jaminan kesehatan yang memadai.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan untuk penertiban kartu  JKN-KIS PBI APBD ( Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat, Penerima Bantuan Iuran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).

Mendengar kabar tersebut,  pihak dinsos pemkot Makassar segera mengklarifikasi berita ini dengan membuat pengumuman kepada masyarakat di berbagai media sosial.

Pengumuman tersebut berisi bahwa kegiatan yang akan dilakukan bukan penertiban kartu JKN-KIS seperti kabar yang beredar tapi pendataan masyarakat miskin calon peserta penerima JKN-KIS PBI APBD.

Adapun syarat dan ketentuan untuk memperoleh kartu ini adalah masyarakat yang telah terdaftar pada Basis Data Terpadu (BDT).

Selanjutnya, diharuskan untuk melengkapi surat permohonan atau pengantar dari RT & RW di wilayah masing-masing dan melengkapi surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari pemerintah kelurahan.

Peserta calon penerima kartu JKN-KIS dari pemerintah, tidak boleh  terdaftar sebagai peserta PBPU (Peserta Mandiri) kelas 1 atau kelas 2.

Dan bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta PBPU (Peserta Mandiri) kelas 3 masih dapat dialihkan sebagai peserta JKN-KIS PBI APBD Kota Makassar dengan syarat tidak memiliki tunggakan.

 

ST

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya