HTTP Status[404] Errno [0]

PD Parkir Kalah Langkah, Dishub Aturki Parkiran Balaikota

13 February 2019 13:33
PD Parkir Kalah Langkah, Dishub Aturki Parkiran Balaikota
Dishub turun tangan mengatur Area parkir seputar Balaikota Jl.Ahmad Yani

BugisPos – Pikiran cerdas dan kecepatan mengambil langkah di saat-saat sangat diperlukan, menjadi batu ujian bagi petinggi PD Parkir kota Makassar. Persoalannya, saat Dinas Penanaman Modal dan PTSP pindah berkantor di Balaikota, konsekwensinya akan berdampk pada membludaknya kendaraan memenuhi lahan parkir yang sempit di seputar Balaikota.

Seharusnya PD Parkir sudah bergerak mengantisikasi dengan mengkondisikan ruang parkir yang memadai. Tapi ternyata justeru yang melakukan aksi lapangangan menyediakan ruang parkir, adalah Dinas Perhubungan Makassar dibawa komando Plt Kadishub Makassar Muhammad Iqbal Asnan. Cukup aneh memang tapi itulah yang terjadi.

Dishub Kota Makassar menyediakan lokasi parkir baru di sekitar perkantoran Balaikota Makassar. Diharapkan, tata kelola perpakiran ini bisa meminimalisir angka kemacetan, khususnya di Jalan Balaikota.

Berdasarkan desain parkir Dishub Makassar, area lahan parkir di sekitar kantor Balaikota di tempatkan di dua titik, yakni di Jalan Balaikota dan Jalan Slamet Riyadi. Lebih detail, untuk sisi kiri Jalan Balaikota bisa menampung 61 mobil, sementara di sisi kanan 32 unit mobil. Sedangkan sisi kanan Jalan Slamet Riyadi 32 unit mobil.

“Ini untuk meminimalisir kemacetan dalam kantor wali kota dan sekitarnya, Pemkot Makassar melalui dinas PU sudah melakukan pengecoran di atas selokan di samping museum (sepanjang Jalan Balikota),” kata Muhammad Iqbal Asnan, Selasa 12/2/19.
Dia berharap area lahan parkir ini bisa mengakomodasi kendaraan yang selama ini memadati kantor Balaikota. Dengan memanfaatkan lahan parkir di luar sekitar wilayah perkantoran.

Area lahan parkir baru ini kata dia, juga sementara disosialisasikan kepada para ASN yang berkantor di Balaikota agar menempatkan kendaraannya di lokasi yang ditentukan. Dia pun sudah nenurunkan sekiranya 70 personil Dishub Makassar yang akan mengarahkan pengendara ke area parkir.

“Kemarin kita ini sudah sosialisaikan bahwa disini ada tempat parkir. Kita sampaikan semua SKPD dan kantor sekitar sini. Cuma mungkin ya masih banyak yang belum memahami tujuan ataukah belum terbiasa, makanya kita umumkan penyampaian di balaikota secara lisan,” lanjut dia.

Jika masih parkir di lokasi yang bukan tempatnya, kendaraan tersebut akan diangkut ke lokasi yang disediakan. “Kita angkut kendaraan pakai mobil dan dipindahkan ke lokasi parkir yang baru. Bersama teman-teman satpol PP dan lantas Polrestabes dan propam polrestabes untuk turun bantu kita menertibkan ini,” sambung Iqbal.

Dishub juga sudah memasang papan pengumuman di sekitar lokasi. Setidaknya, ada 16 papan pengumuman petunjuk bagi mereka yang akan ke area lahan parkir yang disediakan.

Pihaknya juga akan menertibkan pedagang kaki lima (PK5). Pasalnya di dua titik jalan di sekitar kantor Balaikota tersebut masih ditemukan beberapa pedagang yang memanfaatkan pedestrian sebagai lokasi menjual.

“Kita temukan masih ada 2 sampai 4 PK5 yang selama ini beroperasi di pedestrian trotoar itu. Kita sampaikan agar tidak berada di situ. Kita tidak ada urusan terkait siapa yang mempersewakan, ya. Yang jelas saya hanya melakukan penertiban saja dalam batas kewenangan saya,” tegasnya.

Kedepannya lokasi parkir yang sudah ditentukan oleh Dishub Makassar tersebut akan dikoordinasikan dengan PD Parkir Makassar untuk dimaksimalkan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) baru di sektor perparkiran.

“Terkait keamanan lokasi parkir sudah ada arahan dari pak Sekda bahwa akan menyiapkan pengamannya dengan mengisolasi dengan pagar agar lebih safety. Ke depan ada penerangan yang cukup signifkan ditunjang tukang parkir profesional yang bisa menyusun dengan baik,” jelasnya (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya