Tappa’ma, Bedaki Kalau Dinsos Bikin Forum Sosial

20 February 2019 08:35
Tappa’ma, Bedaki Kalau Dinsos Bikin Forum Sosial

BugisPos – Dinas Sosial (dinsos) kota Makassar untuk pertama kalinya menggelar acara Forum Sosial Daerah Kota Makassar pada hari Selasa, 19 Februari 2019 di Hotel Ramayana, jalan Gunung Bawakaraeng, kota Makassar.

Kegiatan ini dihadiri pihak Bappeda, BPJS Kesehatan, para Ketua Forum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kecamatan, pejabat lingkup Dinsos Makassar, utusan kecamatan, dan para unsur pekerja dan pilar sosial.

Adapun unsur pekerja dan pilar sosial yang hadir dalam kegiatan ini, yakni Koordinator Camat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial dan Kecamatan (TKSK) dari seluruh kecamatan, Forum Panti, Sakti Peksos, Karang Taruna, Tagana, dan lain-lain.

Dalam kegiatan ini, Plt Kadis Sosial Kota Makassar, Iskandar Lewa memaparkan sejumlah rencana yang akan dilakukan, termasuk rencana membangun Lingkungan Pondok Sosial (Liposos).

Iskandar Lewa yang baru sekitar 2 bulan menjabat ini, juga menyebutkan sejumlah kiat yang menjadi fokus perhatiannya, termasuk membuat layanan jemput bola bagi keluarga miskin yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) tetapi belum tercover sebagai penerima KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Dalam kegiatan Forum Sosial Daerah yang digelar Dinsos Makassar inin memang beda dan mencirikan Dinas Sosial sebagai OPD yang mengurusi masalah sosial.

Sebagai contoh, ada peserta PKH yang meninggal suaminya dan mendapat jaminan asuransi karena menjadi peserta Askesos yang dibayar oleh dana APBD melalui Dinsos Makassar. Ada juga pemberian bantuan dengan sejumlah warga yang layak bantu oleh Dinsos Makassar.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sangat antusias, terlihat dari peserta-peserta yang proaktif ingin bertanya, termasuk sejumlah ketua Forum LPM yang berharap agar anggaran sosial dapat di tingkatkan. -TR-

ST

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya