BPBD Salurkanki Bantuan ke Tamalanrea

21 February 2019 20:58
BPBD Salurkanki Bantuan ke Tamalanrea

BugisPos – Warga yang terdampak cuaca di Tamalanrea menyatakan rasa syukur atas bantuan yang diterima dari BPBD Makassar, berupa bahan bangunan perbaikan rumah yang terdampak cuaca.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menyalurkan bantuan secara simultan kepada korban terdampak bencana pohon tumbang di Jalan Borongjatia RT 004 RW 004 Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea, Makassar.

“Pemerintah Kota(Pemkot) Makassar melalui BPBD menyiapkan bantuan yang sifatnya stimulan. Bantuan ini biasanya untuk membantu warga membangun kembali rumahnya yang rusak akibat terdampak bencana atau musibah,” katar Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Taufiek Rachman, Senin 18/2/19.

Menurutnya, bencana atau musibah yang terjadi di Makassar dalam dua bulan terakhir seperti banjir, kebakaran, angin puting beliung dan abrasi pantai mengakibatkan beberapa rumah rusak ringan maupu berat.

Bantuan stimulan tersebut, lanjutnya, diserahkan kepada korban yang rumahnya rusak terdampak bencana seperti kebakaran atau yang tertimpa pohon akibat angin kencang maupun angin puting beliung.

Penyerahan bantuan itu setelah tim penilai BPBD dibantu pihak kelurahan melakukan proses identifikasi dampak bencana yang terjadi pasca hujan disertai angin kencang.

“Tim dari BPBD mengidentifikasi dampak dan menghitung komponen yang rusak. Karena bantuan sifatnya stimulan, bantuan yang diberikan juga jumlahnya terbatas,” kata Taufiek.

Sedangkan, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Maharuddin mengemukakan, bantuan stimulan yang disiapkan seperti balok, senk dan paku untuk menutupi atap rumah warga yang rusak.

“BPBD telah menyerahkan bantuan stimulan kepada korban yang rumahnya rusak akibat terdampak bencana di jalan Borongjatia, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea,” katanya.

Pihaknya berharap, bantuan ini minimal dapat membantu dan meringankan beban warga yang rumahnya rusak akibat terdampak bencana dengan memberikan bantuan kepada warga korban pohon tumbang untuk merekonstruksi ataupun memperbaiki atap rumah yang rusak.

Sebelumnya, pohon tumbang terjadi pada Selasa (22/01/2019) mengakibatkan dua rumah rusak berat. Rumah dihuni dua Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 10 jiwa. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya