Danny : “Petani kota Makassar, Luar Biasa”

22 February 2019 20:52
Danny : “Petani kota Makassar, Luar Biasa”

BugisPos – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto hadir membuka sosialisasi pengawasan dan perlindungan tanaman oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Makassar di jalan Amirullah, kota Makassar, Jum’at, 22 Februari 2019.

Tema kegiatan ini yakni ‘pengawasan dan perlindungan tanaman dengan pemanfaatan pestisida nabati menuju pertanian ramah lingkungan’.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani mengenai pengawasan dan perlindungan tanaman menuju pertanian ramah lingkungan di kota Makassar.

Menurut Wali Kota Makassar bahwa di tengah limbah perkotaan dan bangunan-bangunan padat penduduk, petani perkotaan masih mampu memanfaatkan lahan yang ada untuk tanaman produktif.

Hal yang luar biasa bagi petani bisa bertahan memanfaatkan lahan di tengah perkotaan. Berbeda dengan pertanian di desa, di kota memiliki banyak tantangan, akan tetapi para petani bisa ‘survive’ dan tetap meningkatkan jumlah produksi.

Salah satu produksi pertanian yang mengalami peningkatan pesat di kota Makassar yakni jumlahnya menigkat pesat.

Danny Pomanto sapaan akrab Wali Kota Makassar, sangat mengapresiasi keuletan para petani perkotaan, khususnya di kota Makassar.

“Jadi orang kadang-kadang heran, ‘penghasilan lombok di kota Makassar meningkat tajam’. Begitu pun sayur-mayur, Kok bisa? Padahal hanya memanfaatkan ruang-ruang sempit di lorong-lorong”, jelas Danny.

Penigkatan penghasilan cabai di kota Makassar, memberi manfaat bagi pemerintah kota Makassar karena berhasil berhasil mengontrol inflasi daerah.

Menurut Danny, penting bagi petani perkotaan untuk mengembangkan pertanian hidroponik dan lahan bertingkat, mengingat tantangan pertanian kota sangat berat.

Oleh karena itu, Dinas terkait perlu untuk memberikan penyuluhan kepada petani di kota Makassar untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.

Hadir dalam kegiatan ini, kelompok – kelompok tani dan penyuluh pertanian se-Kota Makassar yang tampak antusias mengikuti kegiatan.

ST

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya