HTTP Status[404] Errno [0]

Saran Danny: DP2 Kembangkan Sistem Pertanian Aquaculture

22 September 2019 18:36
Saran Danny: DP2 Kembangkan Sistem Pertanian Aquaculture
Danny Pomanto

BugisPos – Semakin hari lahan pertanian di wilayah kota Makassar semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena perkembangan kota yang cepat, dan membutuhkan lahan perumahan dalam jumlah besar. Akibatnya, lahan pertanian tergerus menjadi areal perumahan atau kegiatan ekonomi.

Mencermati perkembangan tersebut, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyarankan kepada Dinas Pertanian dan Perikanan (DP) Kota Makassar, agar mengembangkan sistem pertanian dengan lahan bertingkat.

Danny Pomanto menyebut, tantangan terberat para petani di Makassar adalah keberadaan lahan yang semakin sempit.

Oleh karena itu, sistem pertanian dengan lahan bertingkat bisa menjadi bahan pembelajaran bagi DP2 dalam mengembangkan pertanian di Makassar.

“Bahkan kerang mutiara, ikan, dan kepeting juga dibudidayakan dengan lahan bertingkat di ruang sempit telah dilakukan di Singapura. Budidaya seperti ini disebut aquaculture. Dengan pengetahuan dan teknologi, lahan sempit bisa dimanfaatkan untuk hasil tang maksimal,” kata Danny, Sabtu (23/2/2019).

Selain merevitalisasi sistem pertanian, Danny juga meminta agar DP2 menyiapkan sarana pembelajaran dan teknologi kepada penyuluh pertanian.

“Makanya, dinas terkait harus memberikan ke penyuluh petani di kota Makassar “knowledge” (pengetahuan) dan teknologinya, agar bisa lebih maksimal lagi,” ucap Danny (adv)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya