Dinas Kebudayaan Gagaski Hari Budayana Makassar

24 February 2019 12:07
Dinas Kebudayaan Gagaski Hari Budayana Makassar

BugisPos – Memang selama ini tidak pernah terpikirkan bagaimana melahirkan yang namanya Hari Budaya bagi kota Makassar. Padahal Makassar ini kaya dengan budaya lokal yang telah terkenal ke manca negara.

Terkait hal itu, Dinas Kebudayaan Makassar yang kini dipimpin Kadis Kebudayaan Makassar, lantas menggagas Hari Budaya Kota Makassar sebagai salah satu inovasi yang nantinya akan menjadi bagian dari parade budaya tahunan.

“Sekarang ini kita lagi menggagas ide dan program inovasi. Nantinya ini akan menjadi parade budaya tahunan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Makassar Hj Sittiara Kinang di Makassar, Selasa 22/1/19.

Ia mengatakan gagasan mengenai hari budaya telah dipersiapkan dan sudah dalam tahap pleno di tingkat dinas, diantaranya persiapan melakukan kegiatan seminar.

“Dari seminar ini kami akan menetapkan tanggal dan bulan untuk dijadikan sebagai tanggal dan bulan tetap untuk pelaksanaan hari Budaya Kota Makassar,” katanya.

Sittiara menyatakan pelaksanaan seminar akan direncanakan pada 30 Januari 2019 bertempat di ruang sidang Museum Kota Makassar dan akan melibatkan masing masing dari unsur sejarawan, budayawan, akademisi, seniman, unsur media dan semua pimpinan SKPD se Kota Makassar.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar itu berharap dengan seminar ini didapatkan hari dan bulan penetapan hari budaya Kota Makassar karena untuk menetapkan tidak mudah semudah membalik telapak tangan tapi memerlukan kajian dan masukan dari seluruh lapisan masyarakat di daerah.

“Dari hasil seminar ini akan dibentuk tim untuk menghimpun berbagai masukan untuk disusun dan ditetapkan tanggal dan bulannya, jika semua telah rampung selanjutnya kita perhadapkan ke wali kota untuk ditetapkan selanjutnya dicanangkan,” terangnya.

Dia menambahkan sebelum penentuan tanggal dan bulan pelaksanaannya, masyarakat yang memiliki pertimbangan juga bisa memberikan masukan kepada pihaknya untuk di bahas lebih lanjut (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya