Foto : Drs. Andi Mangunsidi M.M.Si Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Paparkan Sosialisasi Perda.

Legislator DPRD Provinsi SulSel, Gelar Sosialisasi Perda

24 February 2019 21:02
Legislator DPRD Provinsi SulSel, Gelar Sosialisasi Perda

BugisPos – Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan , Andi Mangunsidi, menggelar sosialisasi produk hukum daerah di Hotel Helios, jalan langsat, kabupaten Bone, Minggu 24 Februari 2019.

Kegiatan ini berupa dialog dan tatap muka sosialisasi peraturan daerah Provinsi Sul-Sel nomor 6 tahun 2016 tentang transparansi, partisipasi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Tujuan sosialisasi ini menurut Andi Mangusidi untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang produk hukum daerah yang ada.

“Sosialisasi ini bukan pertama kita gelar tapi sudah sering di lakukan diberbagai desa maupun kecamatan,” ungkap Mangunsidi.

Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan daerah harus dilaksanakan secara bersih, terbuka dan bertanggung jawab berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik meliputi tansparansi, partisipasi dan akuntabilitas secara konsisten dan berkelanjutan.

“Untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang baik maka prinsip-prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas menjadi penting, agar nantinya tercipta tata kelola pemerintahan daerah yang baik serta bertanggung jawab,” terang Mangunsidi.

Lebih lanjut, anggota DPRD Sulsel Fraksi Gerindra ini mengatakan bahwa dalam perda (peraturan daerah) ini diatur berbagai hal, diantaranya transparansi informasi bagi masyarakat.

“Hal ini perlu disosialisasikan supaya masyarakat tau, informasi yang berhak diketahui oleh masyarakat maupun informasi yang dikecualikan seperti informasi yang mengancam keutuhan negara”, urainya.

Masyarakat merupakan elemen yang sangat dibutuhkan untuk membangun transparansi dalam mewujudkan pemerintahan daerah efektif, efesien dan partisipatif.

“Perda ini bertujuan mendorong partisipasi publik untuk terciptanya keterbukaan informasi bagi masyarakat. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam pembangunan daerah,” pungkasnya Mangunsidi.

Kegiatan ini berlangsung lancar dengan dihadiri sekitar puluhan masyarakat dari berbagai elemen.

-Sadli-

Editor – ST

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya