Mantapki Tawwa Baznas Bulukumba Bantu Empat Pesantren

24 February 2019 09:21
Mantapki Tawwa Baznas Bulukumba Bantu Empat Pesantren

BugisPos.- BAZNAS Kabupaten Bulukumba kembali menyalurkan bantuan pendidikan kepada pesantren. Kali ini bantuan tersebut diberikan kepada Pesantren Khadimul Ummah Kajang, untuk pembangunan fisik, pada Kamis (21/2).

Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba Ust.Muh.Yusuf Shandy mengatakan, pesantren memiliki peran besar dalam menjaga religiusitas dan akhlak bangsa, termasuk Bulukumba. “ Makanya pesantren harus didukung oleh semua pihak, termasuk BAZNAS,” ujarnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini, BAZNAS Kabupaten Bulukumba telah berikan bantuan kepada empat pesantren dari 12 pesantren yang ada di Butta Panrita Lopi Bulukumba, dengan total bantuan 25 juta rupiah.

Dijelaskan, bantuan untuk pesantren diberikan guna membantu program-program pesantren, baik dibidang pembangunan fisik maupun pembangunan SDM-nya.

“Kami berharap pesantren-pesantren di Bulukumba dapat bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, disemua aspek,” ujarnya.

Menurut alumni Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University Riyadh ini, pesantren memiliki keunggulan plus dibanding lembaga pendidikan lainnya, khususnya dalam pengajaran kitab-kitab turats (klasik, kitab kuning), tahfizh dan tafsir Al-Quran, pengajaran fiqh dan ushul fiqh, yang semuanya berbasis Bahasa Arab.

Ia juga menjelaskan, ada banyak hal yang menjadi indikator kemajuan pesantren, antara lain; penguasaan Bahasa Arab, tahfizh al-Quran, penguasaan fikih dan ushul fikih, pendidikan akhlak, kemampuan baca kitab kuning secara baik dan benar, penguasaan pelajaran umum.

“Bagi yang ingin kuliah ke Timur Tengah, seperti Saudi, Mesir, dan Maroko, penguasaan bahasa Arab adalah syarat mutlak, baik dalam berbicara, membaca dan menulis dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar, sesuai kaidah-kaidah dan tata bahasa Arab,” jelasnya sambil menambahkan pesantren yang dibantu Pesantren As Adyah di Gattareng, Pesantren Babul Khaer Kalumeme dan Pesantren Nurul Falah di Borong Ganjeng .- * Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya