HTTP Status[404] Errno [0]

Sepak Terjang HB Ambarala

26 February 2019 19:00
Sepak Terjang HB Ambarala

BugisPos — Nama lengkanya ialah Drs. M. Hasan Basri Ambarala. Orangnya gagah bercambang dan berkumis tebal nyaris brewok. Ketika dulu Zainal Basri Palaguna menjabat gubernur Sulsel, Ambarala adalah Wartawan Harian Fajar yang ditugaskan meliput berita di kantor gubernur Sulsel. Hampir pada setiap perjalanan dinas gubernur Palaguna, dipastikan Ambarala ikut meliput berita. Bahkan ke luar negeri sekalipun Ambarala pasti diikutkan dalam rombongan gubernur.

“Cambang, mana cambang?” Itu selalu pertanyaan gubernur Palaguna pa hampir setiap akan melakukan perjalanan dinas. Dan Ambarala selalu patuh dalam menjalankan tugas jurnalistik untuk kepentingan pemberitaan di Harian Fajar pada waktu itu.

Ambarala cukup dekat dengan Hakamuddin Djamal, yang waktu itu menjabat Asisten 4 kantor guberur Sulsel kemudian naik dati Sekda Sulsel. Hakamuddin jadi ketua alumni Menwa Sulsel sedang Ambarala menjabat Sekjen.

Tak lama kemudian Ambala terangkat menjadi PNS di Pemprov Sulsel. Lantas apakah Ambarala meninggalkan dunia Pers saat jadi PNS waktu itu. Jawabnya : Tidak. Sebab ternayat Ambala mendirikan koran mingguan bernama Inti Berita yang berkantor di Jl.Hertasning Baru. Saat itu Ambarala menjabat Camat Rappocini. Darah jurnalistik Ambarala ternyata tak pernah padam. Bahkan sampai sekarang pun Ambarala masih suka menulis, meskipun Inti Berita sedang tertidur.

Lantas kapan Inti Berita ini akan bangun kembali? Belum diketahui pasti. Yang pasti Ambara masih terus berkehendak agar koran ini bisa terbit kembali.

Ambarala, lahir di Makassar tahun 1962. Dia adalah putra sulung Matoa Maccini. Matoa ini sederajat dengan kepala Distrik Bawahan dulu di pemerintahan Hamente Makassar.

Ambarala lulusan S1 Manajemen Pemerintahan Sospol Unhas 1986. Dia pernah Kuliah Fakultas Hukum. Dia Magister Hukum Tata Negara

Karier

Ambarala memulia karier di Pemprov Sulsel sebagai CPNS. Kemudian menjabat :

  1. Kasubag Adm Pemerintahan Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel 1997
    2. Kasubag Penataan Daerah Pemprov 1999
    3. Camat Mamajang kota Makassar 1999
    4. Camat Rappocini kota Makassar 2004
    5. Kabid Telkom Dishub Kota Makassar
    6. Kabag Humas Pemprov 2008
    7.kabag Kerjasama Ekonomi Pemprov Sulsel
    8. Kabag TU Biro Kerjasama Pemprov Sulsel
    9. Karo Pemerintahan Umum Pemprov Sulsel 2016
    10. Karo Pemerintahan Pemprov Sulsel 2017 sampai sekarang

Ambarala pernah juga mencoba maju di Pemilihan Bupati Sinjai. Namun gagal akibat tingkat persaingan yang begitu tinggi. Pernah diusulkan Mendagri menjadi Pj Bupati Jeneponto bahkan SK nya sudah diteken Mendagri. Tetapi entah mengapa gubernur Syahrul Yasin Limpo membatalkannya.

Kini, Ambarala oleh tim relawan Nurdin Abdullah Community (NAC) Sulsel yang diketuai Usdar Nawawi, mengusulkan agar gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menunjuk Ambarala kenjadi Pj Walikota Makassar.

Ketua NAC Sulsel Usdar Nawawi berpendapat, Ambarala paham betul dinamika pemerintahan dan masyarakat di kota Makassar. Ambarala juga tak punya catatan hitam selama berkarir di Pemkot Makassar.

Bahkan dia digelar oleh warga Rappocini sebagai “Pahlawan Jalan Tembus” saat jalan tembus Hertasning terhambat ditembuskan ke Hertasning Baru yang kebetulan masuk wilayah Rappocini Makassar.

Saat itu pemerintah susah menembuskan jalan dari Hertasning masuk ke Hertasing Baru. Ada rumah dekat kantor Diknas yang pemiliknya tak mau tanahnya dibebaskan. Tapi akhirnya si pemilik rumah luluh juga hatinya atas pendekatan yang dilakukan Ambarala.

Karena itulah dia layak dipercaya jadi Penjabat Walikota Makassar. Diketahui masa jabatan Walikota/Wakil Walikota Moh Ramdhan Pomanto/Syamsu Rizal akan berakhir pada tanggal 8 Mei 2019 (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya