STQH ke 5 Dibuka Bupati Andi Sukri di Kecamatan Herlang

26 February 2019 11:23
STQH ke 5 Dibuka Bupati Andi Sukri di Kecamatan Herlang

BugisPos.- Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist ( STQH) ke 5 Tingkat Kabupaten Bulukumba, Senin (25/2) malam resmi dibuka Bupati Bulukumba A.M Sukri A.Sappewali, di lapangan olah raga Andi Mappiwali Kelurahan Tanuntung Kecamatan Herlang, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Kepala Kemenag H. Ali Yafid, Kabag Kesra Hj.Darmawati, dan penyerahan piala bergilir dari Bupati Andi Sukri kepada Camat Herlang Jumali selanjutnya diserahkan kepada ketua panitia lokal Andi Fidya Samad untuk diperebutkan.

Pembukaan STQH ini dihadiri, Sekretaris Daerah A.B Amal, Abd.Rajab anggota DPRD Bulukumba, sejumlah kepala OPD, Kepala kantor Kemenag H.Ali Yafid, Kabag Kesra Hj.Darmawati, Ketua KSP Berkat Ir.HA.Makkasau, MM, Kepala Bank Sulsel Cabang Bulukumba Finni Arfianas Azwar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Kelompok Majelis Taklim setempat serta ribuan peserta STQH.

Bupati Bulukumba Andi Sukri saat membuka STQH ke 5, menyatakan, pelaksanaan STQH selain sebagai ajang silaturahim sesama muslim dari sepuluh Kecamatan, juga diharapkan agar generasi muslim terus mencintai Al Qur’an dengan memadukan seni, ilmu dan agama.

” Dengan seni, hidup lebih syahdu, dengan ilmu hidup menjadi enak dan dengan agama hidup menjadi bermakna,” kata Andi Sukri.

Dan melalui STQH ini, kata Andi Sukri, diharapkan pula bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Qur’an selama ini. ” Saya berharap melalui STQH di Kecamatan Herlang, akan lahir Qari, Qariah, Hafids dan Hafidzah yang lebih berkualitas yang bisa berkompetisi di tingkat Provinsi,” harap Andi Sukri.

Sementara itu Kepala Kemenag Bulukumba Ali Yafid, yang juga tampil menyampaikan sambutan mengatakan, kegiatan STQH merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat untuk selalu membaca dan mempelajari Al Qur’an, sehingga benar benar menjadi pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi, terutama kepada anak anak generasi muda kita.

Ali Yafid juga berharap penilaian yang dilakukan dewan hakim selama berlangsung STQH ini, agar benar benar obyektif, bebas dari kepentingan dan intervensi.

Camat herlang Jumali S.Sos dalam laporannya menyampaikan, STQH di Kecamatan Herlang berlangsung dari tanggal 25 Pebruari hingga 1 Maret mendatang, dengan jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 233 orang dari 10 Kecamatan, yang bertujuan untuk mencari dan menyeleksi para Qori – Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah sebagai persiapan untuk mengikuti perlombaan ke tingkat Provinsi Sulsel pada April mendatang di Kabupaten Tanah Toraja.

Jenis yang dilombakan yaitu bidang Tilawah, bidang Hafidz dan Hafidzah, Hafalan Hadits, Tafsir Ayat dan Qasidah Rabbana.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya