HTTP Status[404] Errno [0]

DP2 Makassar Gelar Pelatihan untuk Pengolah dan Pemasar

22 September 2019 20:07
DP2 Makassar Gelar Pelatihan untuk Pengolah dan Pemasar
Suasana pelatihan DP2 untuk pengolah dan pemasar

BugisPos –- Inovasi di tiap OPD di lingkup Pemkot Makassar sudah menjadi kebutuhan dalam rangka peningkatan mutu layanan kepada masyarakat.

Terkait hal itu, Dinas Perikanan dan Pertanian (DPP) Kota Makassar menggelar Pelatihan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) dan Cold Chain System (CCS). Kegiatan ini digelar di Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi, Rabu (28/2/2019).

Pelatihan yang menyasar ratusan perwakilan kelompok pengolah dan pemasar binaan DPP Makassar dalam rangka meningkatkan mutu produk pasca panen dan olahan hasil perikanan.

Kepala Dinas perikanan dan pertanian (DPP) Kota Makassar Evy Aprialti mengatakan, perlunya pengetahuan masyarakat selaku pengolah dan pemasar untuk menjamin mutu dan keamanan hasil panen dan olahan perikanan.

“Sehingga produk yang dihasilkan nantinya, baik dari unit usaha kecil menengah maupun unit pengolah ikan dapat bernilai jual yang tinggi dipasarkan domestik, maupun ekspor,” ungkap Evy dalam sambutannya.

Lebih lanjut dia memaparkan, salah satu cara yang efektif ditempuh yakni dengan mempertahankan suhu produk dibawah nol derajat, sehingga kesegaran dapat terjaga.

” Sehingga sistem rantai dingin dapat mempertahankan kesegaran produk perikanan dari kapal sampai dijual ke konsumen, sebab rantai dingin merupakan salah satu proses dan tahap yang penting dalam mencapai kesempurnaan dari produk yang dihasilkan bisa diterima oleh pasar,” kata Evy.

Sementara itu, Asmi Ali Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha DPP Makassar menyinggung tentang penemuan cacing dalam olahan ikan kaleng beberapa waktu lalu sebagai contoh.

“Makanya proses pengawasan mutu dalam pengolahan ikan harus sesuai prosedur dan penanganan yang baik sehingga kasus seperti itu tidak timbul. Oleh karenanya pelatihan HACCP dan CCS ini sangat penting,” jelasnya. (adv)

353 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya