Dinas PU Mau Bikin Tanggul di Sangkarrang

03 March 2019 11:13
Dinas PU Mau Bikin Tanggul di Sangkarrang

BugisPos – Kecamatan Sangkarrang meliputi beberapa pulau, antara lain pulau Barrang Lompo, Barrang Caddi, Kodingareng, dan beberapa pulau lainnhya. Pulau-pulau ini setiap saat menghadapi terjangan ombak yang kencang, sehingga untuk pengamanan pulau diperlukan tanggul penahan ombak.

Terkait hal itu, tim Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melakukan peninjauan lokasi pembangunan tanggul di wilayah Kecamatan Sangkarrang, Minggu, 17/2/2019.

Rencananya pada tahun 2019 ini bakal dibangun tanggul di tiga pulau, yakni Pulau Barrang Lompo, Bone Tambu, dan juga Kodingareng.

Humas Dinas PU, Hamka Darwis mengatakan, pembangunan infrastruktur, termasuk di kepulauan merupakan salah satu program prioritas Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto.

“Pembangunan infrastruktur di Pulau-pulau merupakan salah satu Program Prioritas Bapak Walikota dalam rangka pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kota Makassar

Tanggul ini, kata Hamka Darwis, untuk meminimalisir kerusakan akibat abrasi ombak terhadap bibir pantai. Selain itu berfungsi sebagai bentuk mitigasi.

Keselamatan warga setempat menjadi perhatian khusus dari pembangunan tanggul ini, karena ada warga yang memang bermukim di bibir pantai.

“Ini untuk menahan abrasi atau pengikisan di bibir pantai karena debur ombak dan juga untuk mitigasi,” jelasnya (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya