Jukir Makassar Ganti Nama, Jadi ‘Daeng Parkir’

05 March 2019 14:52
Jukir Makassar Ganti Nama, Jadi ‘Daeng Parkir’

BugisPos – Perusahan Daerah (Perusda) parkir kota Makassar, yakni PD Parkir Makassar Raya melakukan pergantian nama kepada Tukang Parkir atau Juru Parkir (Jukir) menjadi Daeng Parkir.

Pergantian nama menjadi ‘Daeng’ ini sesuai dengan ciri khas suku Bugis Makassar yang menggunakan kata Daeng sebagai panggilan kehormatan.

Perubahan nama ini disponsori langsung oleh BJB (Bank Jawa Barat) cabang Makassar yang memberikan bantuan seragam orange kepada PD Parkir Makassar Raya yang diperuntukkan kepada para Daeng Parkir.

Di seragam orange ini terdapat logo kota Makassar di bagian atas kantong sebelah kanan dan logo PD Parkir Makassar Raya di sebelah kirinya, sedangkan di bagian belakang, tertulis ‘Daeng Parkir’.

Seragam ini diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto di Kantor PD Parkir Makassar Raya , jalan Hati Mulia, kota Makassar, Senin, 4 Maret 2019.

Direktur Utama (Dirut) PD Parkir Makassar Raya, Satriani Ulfiah Mungkasa mengatakan bahwa seragam yang nantinya akan dipake para Daeng Parkir mengubah identitas tukang parkir yang kerap dianggap preman.

“Ini juga sebagai tanda bahwa Daeng Parkir sekarang beda dengan yang dulu. Kalau dulu distigmakan identik dengan premanisme, sekarang jauh lebih santun dan jujur,” kata Fifi sapaan akrab Dirut PD Parkir.

Berbagai gebrakan telah dilakulan Perusda sejak tahun 2019, selain perubahan nama tukang parkir, dengan pembayaran pendapatan parkir yang penyetorannya dilakukan di Bank BJB untuk memudahkan dan transparan, nantinya akan segera dipasang Terminal Parkir Elektronik (TPE) di 25 titik di jalan-jalan kota Makassar.

ST

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya