HTTP Status[404] Errno [0]

Mantapna, Disdukcapil Pake’mi Tanda Tangan Elektronik

10 March 2019 08:52
Mantapna, Disdukcapil  Pake’mi Tanda Tangan Elektronik
Aryati Puspasari Abady

BugisPos – Langkah kreatif yang dilakukan Kadisdukcapil kota Makassar, Aryati Puspasari Abady patut diacungi jempol. Hal itu disebabkan karena Disdukcapil kota Makassar yang pertama di Sulawesi menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk pengesahan dokumen kependudukan.

“Pak Dirjen Dukcapil RI memang mencanangkan Dukcapil Go Digital, salah satu langkah awalnya dengan menerapkan tanda tangan elektronik. Alhamdulillah Kota Makassar termasuk dalam kelompok daerah percontohan pioner atau ujicoba untuk tandatangan elektronik, di Sulawesi baru Makassar yang lakukan.” jelas Kadisdukcapol Makassar Aryati Puspasari Abady

Sejak penerapan di hari pertama (Rabu 6 Maret 2019), Aryati menyebutkan telah menandatangani ratusan berkas Kartu keluarga dan Akte kelahiran.

“Oleh Dirjen Dukcapil kita baru dua ruang yang bisa diakses menggunakan tanda tangan elektronik yakni Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran. Hari ini kita terbitkan 146 KK dan 153 Akte kelahiran. Jadi data langsung terakses ke pusat. Sehingga capaian kinerja kita terlihat hingga ke pusat.” Ucapnya, Rabu (6/3/2019).

Kedepannya kita akan terapkan di semua kecamatan, untuk efektifitas dan efesiensi waktu dan tenaga.”

Mantan Kepala Balitbangda Makassar ini mengakui penerapan TTE sangat membantu penyelesaian berkas masyarakat.

“Saya juga sudah bisa menyelesaikan pekerjaan walaupun tidak di kantor, paling tidak berkas tidak menumpuk dikantor. Dan masyarakat tidak perlu lagi menunggu kehadiran Kadis untuk tandatangan.” Pungkasnya (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya